10 Saran Ampuh Melakukan Tata Ulang Ruangan di Akhir Pekan

adsense-fallback

10 Saran Ampuh Melakukan Tata Ulang Ruangan di Akhir Pekan

Banyak tantangan saat Anda melakukan tata ulang sendiri bersama keluarga. Terlebih jika waktu yang tersedia hanya di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Tak hanya itu, kurangnya pengalaman dan ide mendesain terkadang bisa menjadi hambatan.

Namun segala kekurangan tersebut jangan membuat Anda mundur. Ingat kembali, tata ulang akhir pekan adalah sebuah rekreasi. Penuh kegembiraan dan gotong-royong antaranggota keluarga. Bonusnya ruangan yang lama berubah baru dan suasananya lebih nyaman ditinggali.

adsense-fallback

Agar semua kegiatan yang diimpikan berjalan lancar, kuncinya hanya dua rencana matang dan koordinasi di lapangan. Demi kemudahan Anda, berikut kami sajikan 10 rencana yang harus dipersiapkan sebagaimana dilansir Tabloid Renovasi Volume 31 :

  1. Tentukan Tema

Tema berkaitan dengan konsep ruang yang Anda mau. Fungsi apa saja yang ingin diwadahi? Bagaimana pola interaksi serta suasana yang ingin dibangun? Konsep tentu berguna untuk memberi panduan pad pekerjaan yang akan dilakukan, material yang ingin dibeli, hingga elemen dekorasi yang harus dicari.

  1. Cari Referensi Desain

Untuk mendapatkan desain sesuai tema, Anda dapat mencari referensi dari buku, majalah, serta internet. Anda dapat menandai desain yang dipilih untuk menjadi panduan ketika menata ulang. Ingat, yang ada dalam gambar belum tentu cocok untuk rumah. Sebaiknya, Anda berkonsultasi pada arsitek atau desainer interior terlebih dahulu.

  1. Siapkan Budget Tambahan

Jauh sebelum merencanakan dekorasi, Anda sudah harus mengetahui plafon dana maksimal yang akan dianggarkan. Siapkan pula biaya tak terduga sekitar 10%-20% dari budget yang ditetapkan. Hal ini penting agar fokus Anda saat mencari ragam elemen interior dan material salah tidak melewati budget.

  1. Buat Daftar Barang

Setelah tema dan biaya ditetapkan, kini Anda dapat membuat barang yang harus dibeli. Buat skala prioritas yang jelas dan utamakan barang yang mampu mengubah suasana dalam sekejap. Jika harga barang melambung, Anda dapat pula membuat furnitur atau elemen dekorasi custom.

  1. Detail Daftar Pekerjaan

Buat daftar pekerjaan apa saja yang mesti dilakukan ketika menata ulang. Tuliskan secara rinci dengan keterangan material dan peralatan yang dibutuhkan. Selain memperlancar proses renovasi, daftar ini akan mempermudah Anda dalam budgeting yang biasanya dianggarkan per pekerjaan.

  1. Pastikan Pelaksana Proyek

Pekerjaan telah ditentukan, kini saatnya Anda menentukan pelaksananya. Bagi tugas sesuai kapabilitas dan minat. Mulai dari yang berat untuk ayah, dekorasi untuk ibu dan anak, hingga pekerjaan yang butuh keahlian untuk tukang. Agar lebih tertata dalam pengerjaan, jangan lupa tunjuk satu pemimpin proyek  yang bertanggung jawab memantau garis besar pekerjaan.

  1. Pilih Tukang yang Tepat

Untuk membantu tata ulang rumah, Anda dapat memilih “tukang Junior” untuk pekerjaan nyang tidak krusial sehingga biaya dapat ditekan. Namun, jika pekerjaan butuh keterampilan dan ketelitian, tukang berpengalaman bisa jadi andalan. Namun ingat jangan sampai penggunaan tukang menjadi berlebih dan memboroskan biaya.

baca juga : Untung Rugi Tenaga Harian Dan Borongan Ketika Membangun Rumah

  1. Manajemen Waktu Pengerjaan

Agar pekerjaan lebih efisien, buat manajemen waktu. Berkonsultasilah kepada kontraktor atau tukang agar Anda dapat memperkirakan waktu penyelesaian pekerjaan. Jangan lupa masukkan pula tenggang waktu kemunduran untuk berjaga-jaga.. yang harus Anda ingat adalah waktu tenggat jangan membuat kendur semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

  1. Alokasi Dana

Ada baiknya mengalokasikan dana secara lebih detail. Dari keseluruhan dana yang Anda anggarkan, bagilah ke item-item pekerjaan untuk mempermudah dalam urusan belanja. Dari sini Anda dapat mengetahui jumlah dana yang melebihi, sama atau bahkan dapat disimpan. Detail alokasi ini sebagai alarm pengeluaran pula bagi Anda.

baca juga : Tips Menghitung Biaya Renovasi Rumah

  1. Belanja Material

Catat peralatan dan bahan apa saja yang belum Anda miliki. Kemudian luangkan waktu untuk membelinya. Belanja dapat dilakukan di sentra bahan bangunan sehingga lebih hemat waktu. Namun tak ada salahnya jika Anda mengunjungi berbagai toko untk mendapatkan barang yang paling sesuai dengan selera dan biaya.

adsense-fallback