6 Ide Menata Ruang Keluarga

adsense-fallback

Panduan berikut membantu kita mewujudkan ruang keluarga yang nyaman. Cek satu persatu.

Ruang keluarga mungil seharusnya jadi ruang favorit seisi rumah. Setelah si sulung pulang sekolah, ayah dan ibu pulang kerja,semuanya berkumpul di situ. Mereka menonton acara TV favorit bersama, main video games, atau sekadar mengobrol.

Berbagai cerita dan aktivitas hari ini. Untuk mewujudkan itu semua, cek 6 panduan praktis menata ruang keluarga.

adsense-fallback

Cek Kebutuhan Anggota Keluarga

Seluruh anggota keluarga akan nyaman beraktivitas jika kebutuhan mereka di ruang keluarga terpenuhi . Tanya diri Anda, pasangan, dan anak kegiatan apa saja yang akan dilakukan di ruang keluarga. Misalnya, menonton film, membaca atau bermain video games.

Desain ruangan, ukuran, furnitur, pencahayaan dan perangkat elektronik di ruang keluarga hendaknya mengakomodasi kebutuhan tadi. Mungkin tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi karena keterbatasan ruang, jadi tentukan prioritas.

Gunakan Konsep Open Plan

Menyatukan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan mungkin ide bagus pada ruang berukuran kecil. Ruangan terkesan lebih lega.

Pertimbangkan juga kebiasaan kita dan keluarga. Jangan sampai anggota keluarga jadi tidak nyaman karena privasi terganggu. Jangan lupa perhitungkan rencana jangka panjang Anda meningkat rumah. Perubahan tata ruang di lantai bawah jangan sampai mengganggu rencana tersebut.

Ciptakan Focal Point

Tentukan focal point pada ruang keluarga. Misalnya kabinet TV, lemari pajang, rak buku atau salah satu dinding yang diberi warna mencolok. Biarkan unsur lain di dalam ruang keluarga tampil tak dominan sehingga mendukung focal point itu.

Hal ini akan memperkuat karakter ruang keluarga, sekaligus mencegah penghuni merasa tak nyaman karena semua elemen ruang kuat secara visual.

Pilih Warna Yang Tepat

Gunakan kombinasi 2 atau 3 warna saja untuk ruang keluarga. Lebih dari itu, ruangan akan terkesan ramai. Ingat, Anda tidak sedang mendesain kamar anak. Pilih satu warna yang kuat sebagai aksen. Kehadiran warna tidak melulu lewat cat. Bisa juga lewat furnitur, wallpaper, atau aksesori.

Gunakan bantuan color chart untuk mendapatkan kombinasi warna yang pas.

Baca Juga :

Tips Memilih Warna Dinding Ruangan

Tips Agar Ruang keluarga Lebih Nyaman

Manfaatkan Furnitur Multifungsi

Furnitur yang pas mengoptimalkan fungsi ruang keluarga Anda. Gunakan furnitur berfungsi ganda. Misalnya ottoman, yang bukan Cuma nyaman bagi kaki yang lelah, tapi uga storage. Ini juga berlaku jika ruang keluarga kita juga punya fungsi lain, misalnya sebagai ruang kerja.

Pilih meja yang nyaman untuk mengobrol dan menonton TV juga untuk kita bekerja dengan laptop. Gunakan furnitur moveable dengan kaki beroda. Kita bisa menggunakannya saat dibutuhkan dan menyingkirkannya saat tak dipakai.

Bangun Storage Optimal

Storage yang cukup menjaga ruang keluarga kita tidak berantakan. Anggota keluarga semakin betah berlama-lama di ruang keluarga. Manfaatkan area dinding sebagai storage dengan memasang ambalan dan kabinet gantung.  (baca :Cara Membuat Rak Dinding Melayang) Kita bisa menghemat ruang di bawah dinding untuk aktivitas keluarga lainnya. (Tigor/Indra/Dok. Renovasi)

Galeri Ruang Keluarga Mungin Yang Nyaman

adsense-fallback