Cara Perawatan Rutin Rumah Dalam 7 Hari

7 Hari Mengubah Kekacauan Jadi  Kenyamanan

Ubah kebiasaan menunda dan tidak tertib, dan rasakan perubahannya dalam kehidupan Anda.

Rumah seyogianya menjadi sebuah mata air untuk seluruh anggota keluarga. Ketika kehidupan di luar rumah terasa sulit, rumah adalah tempat dimana kita dapat menemukan ketenangan dan harmoni.

adsense-fallback

Kita tidak dapat mengendalikan semua hal yang berlangsung di luar, tetapi kita dapat menciptakan sebuah tempat yang nyaman di balik dinding rumah kita.

Kenyaman sendiri tidak selalu lahir dari kemewahan. Sebuah rumah sederhana pun bisa menjadi nyaman jika dirawat dengan baik, bersih, dan teratur. Tidak sulit, kan? Sepertinya memang mudah. Namun kenyataannya, ya ampun, sulit sekali

Hidup yang tidak teratur akan sangat mengganggu. Namun ketika hal itu pertama kali muncul, kita terus membiarkannya. Alasan klisenya selalu karena kurang waktu dan tenaga. Tapi benarkah kita selalu kurang waktu  dan tenaga untuk sekadar meletakkan pakaian kotor ke dalam keranjang cucian, membuang tisu kotor ke tempat sampah, melipat kembali baju yang tidak jadi dipakai dan menyimpannya di lemari? Kita akan berpikir “nanti saja” atau “setelah urusan ini selesai, saya akan rapikan”. Kenyataannya, semua terus berlanjut, sampai Anda tak tahu bagaimana menghentikan kebiasaan itu dan memulai semua dari awal lagi.

Baca Juga :

Tips Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Menarik

Kriteria Rumah Sehat dan Cara Perawatannya

Sebelum membereskan semua yang sudah telanjur itu, pertama-tama yang harus ditata adalah sikap hidup kita. Semua usaha akan percuma jika kebiasaan lama masih dipertahankan.

Mulailah dari hal-hal kecil. Seperti meletakkan koran dan majalah pada tempatnya, dan kertas-kertas tagihan pada tempat yang mudah Anda ingat.

Jadikan sikap tertib sebagai kebiasaan dan konsistenlah dengan hal itu. Tanpa Anda sadari, kebiasaan itu akan berlanjut pada hal-hal yang lebih besar.

Sebagai langkah awal dari langkah yang lebih besar adalah, “Benahi rumah Anda ‘sedikit’ saja, paling tidak sampai cukup pantas untuk dilihat oleh tamu.” Begitu saran Sandra Felton dalam bukunya Menata Rumah Menata Hati. Seiring dengan semakin rapinya kondisi rumah, kita akan merasa semakin nyaman. Dan kita akan terus ingin menambah area kenyamanan itu hingga ke seluruh ruang.

Jika ingin rumah menjadi nyaman, waktu untuk membereskannya memang tak cukup sehari. Barty Phillips dalam bukunya Minimum Space Maximum Living menulis, panjangnya waktu tergantung dari seberapa banyak barang-barang yang “ditimbun” dan seberapa luas rumah yang Anda miliki. Seminggu adalah waktu paling cepat.

Jadi, siapkan diri Anda. Kita akan mulai menciptakan hunian yang nyaman!

# Hari ke-1 dan 2

Cat Ulang Dinding

  1. Dinding sebagai elemen paling dominan, memiliki peranan penting untuk membawa atmosfer ke dalam ruangan. Jika dinding rumah Anda sudah tampak tidak menarik, panggil tukang untuk melakukan pengecatan ulang pada ruang-ruang yang Anda anggap harus dicat ulang. Jika merasa mampu, Anda tentu saja dapat melakukan pengecatan 1ni sendiri atau bersama pasangan.
  2. Turunkan semua gorden dan vitrase yang sudah lusuh, ganti dengan yang bersih atau baru. Anda dapat membawa gorden dan vitrase kotor ke binatu.

# Hari Ke-3

RuangTamu, Ruang Keluarga

  1. Singkirkan barang yang tidak terpakai dan sudah rusak Lakukan proses penyortiran dan pembuangan dengan cermat, mulai dari ruang yang terlihat oleh tamu. Barang-barang yang jadi sasaran adalah :
  • buku yang tidak dibaca lagi
  • CD dan DVD yang rusak atau tidak akan dlputar lagl
  • bantal-bantal yang sudah tipis dan lusuh
  • kursi yang terlalu besar atau rusak, dan tak akan pernah diduduki
  • barang seni murahan yang mudah dilupakan.
  • semua kertas kerja yang sudah tidak terpakal.
  1. Perhatikan kondisi furnitur yang ada di kedua ruang tersebut. Adakah yang sudah lusuh, perlu dicuci atau diperbaiki? Jika di ruang tersebut sofa dan karpet  sudah kotor, telepon jasa pencuclan sofa.  Gunakan jasa mereka untuk membersihkan sofa dan karpet.
  2. Tata ruang tamu dan ruang keluarga dengan barang-barang yang sudah terpilih untuk dlpertahankan.

Tips : Singkirkan barang Yang Tak Berguna

Buang barang yang tidak penting, dan rasakan hasilnya. Apa kriteria barang yang harus Anda buang?

  1. Semua yang belum pernah Anda dan anggota keluarga Anda pakai atau gunakan selama setahun belakangan.
  2. Semua yang disimpann sebagai kenang-kenangan.
  3. Semua yang Anda pikir”mungkin akan diperlukan” padahal itu tudak mungkin diperlukan, karena Anda tidak akan menemukannya pada saat Anda membutuhkannya.
  4. Semua yang sudah kekecilan
  5. Semua yang sudah rusak, termasuk mainan anak-annak dan furnitur.
  6. Obat-obatan yang sudah kadaluarsa
  7. Brosur, menu pesan antar, koran, dan majalah yang telah kadaluarsa.
  8. Jangan lupa untuk membaca dulu semua kertas dengan teliti sebelum membuangnya. Diantara tumpukan barang-barang yang penting, kertas seperti akta kelahiran atau paspor dapat terbuang tanpa sengaja.

# Hari Ke-4

Dapur, Ruang Makan, KamarMandi

  1. Seperti hari ketiga, di hari keempat ini Anda juga harus menyortir barang-barang yang harus disingkirkan.
    • barang yang retak dan sumbing
    • botol yang hanya berisi sisa ampas di bagian bawahnya
    • kantong plastik bekas belanja, simpan hanya setengah dari jumlah yang ada
    • perlengkapan dapur yang tidak pernah Anda gunakan
    • kertas-kertas kupon belanja, menu pesan antar, voucher kadaluarsa, pena rusak
    • sabun, shampo, dan toiletries yang sudah tidak layak digunakan
    • handuk kumal, dan spans yang sudah kayak dan kempes
    • obat kadaluarsa
  2. Semua barang yang sudah kadaluarsa dibuang ke tempat sampah.
  3. Cuci dinding kamar mandi, bersihkan tumpukan lemak yang ada di dapur.
  4. Tata dapur, ruang makan, dan kamar mandi dengan barang-barang yang Anda perlukan saja.

# Hari Ke-5

KamarTidur

  1. Sortir barang-barang yang tidak Anda perlukan. Pakaian menempati perhatian khusus, karena dari area lemari baju itu banyak tersembunyi barang yang harus disingkirkan. Misalnya:
    • pakaian yang sudah kekecilan atau sudah melar
    • perlengkapan/peralatan dari masa bayi milik anak-anak yang sudah tidak digunakan
    • kaus kaki yang hanya sebelah
    • kaus oblong yang sudah bolong-bolong
    • T-shirt belel
    • mainan dan buku yang sudah rusak dan sudah tak terpakai
    • semua yang sudah tidak digunakan selama setahun
  2. Jika kamar tidur menggunakan AC, dan Anda belum melakukan perawatan rutin 3 bulanan, sekalian saja panggil petugas AC untuk mencuci AC di kamar tidur Anda dan anak-anak.
  3. Tata kamar tidur dengan barang-barang yang Anda butuhkan dan sudah terpilih untuk Anda pertahankan.

# Hari Ke-6

Teras, Taman, Fasad

Hari keenam waktunya untuk merambah area  eksterior. Rapikan tanaman potong dahan yang tak beraturan, singkirkan daun-daun kering, tata ulang taman Anda agar terlihat lebih rapi. Tambahkan tanaman baru, jika perlu

  1. Perbaiki tempat sampah yang rusak, atau ganti dengan yang baru
  2. Biasanya di teras terdapat rak sepatu, pot-pot tanaman, dan keset. Rapikan semua barang-barang, singkirkan yang tidak perlu dan mengganggu.
  3. Jika pagar rumah perlu dicat ulang, lakukan pengecatan.

# Hari Ke-7

Harus Dibawa ke Mana?

Setelah semua sampah dari hunian Anda terkumpul, persoalan selanjutnya adalah, kemana semua barang itu harus dibawa? Cobalah cari informasi via internet di mana terdapat institusi di kota Anda yang menampung barang-barang bukan makanan yang sudah tidak terpakai. Di mana alamat sentra-sentra daur ulang. Furnitur yang masih bisa dimanfaatkan, mainan dan bukubuku, tentu akan diterima dengan baik oleh yayasan yatim piatu. Jangan lupa untuk menelepon terlebih dulu yayasan/sentra/ institusi yang akan Anda berikan barangbarang milik Anda tersebut. (DEWI KARTINI/Idea Online)

adsense-fallback