Aman Dan Nyaman Dengan Cat Anti Bakteri

adsense-fallback

Aman Dan Nyaman Dengan Cat Anti Bakteri

Selektif memilih cat sesuai fungsi adalah nomor satu pilihan pintar. Bukan sekadar menampilkan estetika dari polesan warna cat saja, kandungan cat itu harus diperhatikan.

Memilih cat, saat ini tidak sekadar hanya warnanya saja. Namun lebih kandungan cat itu sendiri. Penting karena jika sembarangan akan berpengaruh kepada kesehatan. Nah, tidak ada salahnya Anda mulai memperhatikan kualitas cat rumah. Melihat kesadaran dan kepedulian akan kesehatan semakin tinggi tersebut, terbukti produsen cat mulai berinovasi dengan menghadirkan cat anti bakteri.

adsense-fallback

Memang kategori bakteri tidak dapat dilihat dengan sekilas mata karena bakteri hanya memiliki panjang sekitar 0,5-1,0 mikrometer dan lebar 1,3 mikrometer. Jenis bakteri yang familiar adalah bakteri E. Coli. Cat anti bakteri diformulasikan untuk mencegah bakteri E.Coli.

Bakteri berbentuk batang ini hidup pada suhu 20-40 derajat celcius. Bakteri Staphylococcus Aureus pun sebagai sasaran tembak untuk dibasmi oleh cat anti bakteri. Pertumbuhan bakteri ini pada suhu optimum sekitar 35-37 derajat celcius. Hal ini sesuai panas suhu manusia. “Cat anti bakteri dapat mencegah bakteri Escherichia Coli yang menyebabkan diare, kejang perut dan kegagalan ginjal, sementara bakteri Staphylococcus Aureus, penyebab penyakit kulit, infeksi luka bedah dan radang paru-paru”, tegas Geti Witayani, Marketing Communication and Color Management PT. Propan Raya .

Sebenarnya bakteri E.coli berfungsi membantu proses pencernaan pada manusia, tetapi sebagian kecil justru bisa merangsang timbulnya diare, mual,muntah, keracunan makanan, dan saluran kemih. Tak hanya, bakteri saja ternyata cat ini pun dibuat untuk mencegah jamur. Bakteri dan Jamur tidak hanya dapat mengganggu kesehatan manusia tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada cat.

Cat anti bakteri memiliki kandungan zat adiktif yang mampu mencegah dan mengurangi tumbuhnya penyebaran bakteri di dinding. Menurut Ir. Dina Hartadi, Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) Jakarta, cat jenis ini sudah lama ada. “Saat ini dengan maraknya green property aplikasi cat anti bakteri makin digandrungi konsumen,” jelasnya

Cat Anti bakteri diformulasikan untuk membunuh bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan

Di pasaran beragam produk cat anti bakteri terus bermunculan. Hampir semuanya mengklaim memiliki kandungan untuk mengenyahkan bakteri secara efektif. Seperti Lenkote Paints meluncurkan cat No Odor dengan menempatkan posisinya sebagai cat tembok tanpa bau dan berteknologi anti bakteri pertama di Indonesia.

Kelebihan No Odor adalah tidak berbau, mudah dicuci, teknologi anti bakteri, anti lumut dan anti jamur, bermutu tinggi, tahan lama, warna tidak mudah pudar, daya tutup sangat tinggi, daya sebar tinggi, ramah lingkungan, hasil akhir halus, tanpa merkuri & timbal, untuk hasil maksimal gunakan No Odor Wall Putty (plamir tembok tanpa bau).

Tak sekadar itu, Lenkote Paints pun meluncurkan produk lainnya cat tembok Supersilk yang juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga ampuh membunuh bakteri. Teknologi yang diusung Supersilk tanpa bau sehingga ruangan setelah dicat bisa langsung digunakan.

Produsen yang lainnya yang konsen dengan cat anti bakteri yakni Propan dengan produk Decorlotus Odorless & Antibacterial Paint DS – 490 atau biasa dikenal dengan Decorsafe. Cat Decorsafe mampu memberikan perlindungan terhadap bakteri dan jamur.

“Berbeda dengan cat tembok lain yang banyak mengandung zat kimia yang mudah menguap Volatile Organic Compound (VOC), Decorsafe memakai teknologi UloV yang dipatenkan di Jerman. Sehingga zat kimia organik yang mudah menguap dan berbau tidak diperlukan lagi,” kata Geti.

Satu hal yang membedakan Decorsafe dengan cat lainnya adalah baunya yang tidak menyengat. Cat yang memiliki zat kimia organic VOC, selain berbau tidak nyaman juga meningkatkan kadar polusi di dalam rumah dan dapat membahayakan kesehatan. Padahal, sebagian besar dari cat tembok dan cat minyak mengandung kadar VOC yang tinggi. Walaupun kadang-kadang ditutupi dengan baru parfum. Itulah Decorsafe dari Propan. Sementara Nippon Paint latah dengan mengeluarkan Odour Less dan Vinilex Fresh. Odour Less menawarkan kelebihan cat tanpa bau, hampir bebas VOC (volatile organic compound), anti bacteria, tanpa hambatan logam berat, anti jamur dan mudah dibersihkan. Sementara Vinilex Fresh dengan kelebihan formula anti bakteri tahan lebih dari 5 tahun, tahan jamur dan lumut, mudah dibersihkan, dan tidak mengandung merkuri dan logam.

Setiap produk-produk tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan berusaha menyajikan yang terbaik untuk kesehatan konsumen dan lingkungan. Tidak cukup anti bakteri dan anti jamur, kecintaan terhadap lingkungan sudah seharusnya dipikirkan yaitu dengan memilih cat ramah lingkungan. menyayangi bumi sama seperti menyayangi diri sendiri. Kenyamanan dan bebas beraktivitas, tanpa takut bakteri tentu siapa yang tidak menginginkannya. Semakin betah seseorang dirumah berarti rumah telah memberi kesan menyenangkan. (Majalah Rumah123)

Judul Artikel : Aman Dan Nyaman Dengan Cat Anti Bakteri

adsense-fallback