Aturan-Aturan Dalam mengecat

adsense-fallback

Aturan-Aturan Dalam mengecat 

Rumah Pantura – Ingin menghabiskan akhir pekan dengan mengecat dinding rumah? Agar hasilnya maksimal, simak dahulu tip pengerjaannya berikut :

Mengecat Dinding Baru

adsense-fallback

Hal utama dalam mengecat dinding baru adalah memastikan plesteran dinding sudah kering. Biasanya butuh waktu 28-30 hari tanpa hujan. Dinding plesteran kering berwarna abu-abu muda.

Plesteran dinding yang telah kering harus terlebih dahulu dilapisi cat dasar/sealer/primer khusus dinding yang biasanya berwarna putih. Biarkan 2 jam setelah memolesnya.

Tahap terakhir yaitu pengecatan dengan warna favorit Anda. Mengecatlah 2 hingga 3 lapis dengan lapisan pertama lebih encer dibanding lapis kedua. Jangan lupa beri jarak 2 cm (cat berbasis air) dan 6 jam (cat berbasis minyak) dari pengecatan pertama hingga kedua

Mengecat Dinding Lama

Metode pengecatan dinding lama dan baru tidak jauh berbeda. Hal yang membedakan adalah kita lebih dulu harus memeriksa kondisi dinding lama sebelum pengecatan.

Ujilah dengan mengusapkan telapak tangan pada dinding. Jika tangan tetap bersih berarti dinding masih dalam kondisi baik. Bersihkan dengan lap basah sebelum dicat.

Namun, jika tangan Anda menemukan minyak pada dinding, Anda perlu membersihkannyadengan campuran detergen dan air terlebih dahulu.

Jika tangan Anda banyak terdapat bubuk putih, dinding telah mengalami pengapuran dan tidak layak dicat ualng. Dengan kondisi ini, Anda perlu mengeroknya dengan amplas dan membersihkannya dengan air yang dilanjutkan dengan pengecatan.

Untuk mendapatkan hasil cat yang baik, tak sebatas memilih cat dengan kualitas tinggi. Perhatikan juga teknik pengecatannya.

Cara mengukur Kebutuhan Cat Ketika Mmengecat

Agar tidak boros, ada baiknya sebelum mengecat Anda menghitung dulu kebutuhan cat. Perhatikan daya sebar cat yang tercantum di kaleng. Umumnya daya sebar cat 12 m2, artinya 1 liter cat cukup untuk 12 m2 dalam satu kali sapuan (satu lapis).

Ukur luas dinding dan plafon yang akan dicat. Jangan lupa kurangi dengan luas pintu dan jendela.

Kondisi ruang

  • Ruang berukuran 4 m x 4m dan tinggi 3 m
  • Satu pintu 1 m x 2 m
  • Satu jendela 1 m x 1 m

Luas yang harus dicat

4 dinding (4x[4 m x 3 m]=48 m2) + 1 plafon (4 m x 4 m = 16 m2)-1 pintu dn 1 jendela (1 m x 2 m + 1 m x 1 m=3 m2)=61 m2

Bagi luas total dengan daya sebar :

61 m2 : 12 m2 = ± 5 liter untuk satu kali sapuan. Untuk hasil yang bagus dibutuhkan pengecatan 2 lapis, sehingga cat yang dibutuhkan ± 5 liter x 2 = ± 10 liter (serial rumah)

Judul Artikel : Aturan-Aturan Dalam mengecat

adsense-fallback