Bor: Sepele Namun Penting

Mesin Bor

Rumah Pantura – Perkakas yang satu ini memang sepele namun kehadiran sangat dibutuhkan. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dengan bidang yang akan dilubangi.

Bor menjadi alat bantu untuk melubangi suatu bidang, apakah tembok, kayu, atau besi. Bila akan memasang lukisan di dinding, biasanya dengan cara dipaku. Namun bila tembok terlalu keras dan paku menjadi bengkok maka diperlukan bor untuk memperlancar pekerjaan kita.

Banyak tipe dan jenis bor yang ada di pasaran. Tersedia bor untuk profesional dengan ukuran dan kemampuan yang lengkap. Atau bor yang cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Menurut Arifudin, Product Supervisor PT Kawan Lama Sejahtera, bor untuk kebutuhan ramah tangga biasanya berukuran relatif kecil. Selain itu, harus ringan dan mampu mengerjakan pekerjaan di lingkup rumah tangga.

adsense-fallback

 Sebaiknya bor untuk keperluan rumah tangga harus bisa digunakan dengan mata bor yang berbeda-beda. “Bisa satu alat untuk berbagai keperluan. Mata bor disesuaikan dengan bidang, apakah untuk kayu, besi atau tembok beton,” ungkap Arifudin.

 Tipe Mesin Sama

Tipe atau jenis mesin bor yang dipergunakan untuk melubangi kayu, besi, aluminium dan beton sebenarnya sama saja. Bedanya mesin bor untuk melubangi beton biasanya terdapat pukulannya. Sedang mesin bor yang untuk besi dilengkapi pengontrol yang bisa distel. Untuk membor kayu, aluminium dan besi tinggal mengganti mata bornya.  Jenis mata bor bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya. Ciri mata bor yang khusus digunakan untuk besi tengahnya tajam. Kemudian membesar di sisi-sisinya, ini berfungsi untuk merobek besi yang bakal dibor. Sedang mata bor yang khusus untuk kayu, ujungnya sangat tajam dan besar pada bagian tengahnya ini gunanya untuk mencengkram pusat pemboran sehingga pengerutannya menjadi besar. Mata bor yang khusus untuk beton atau dinding ada semacam tatahnya yang sekaligus untuk melubangi beton atau dinding.

Tipe mesin bor untuk keperluan rumah tangga dan industri sebenarnya tidak ada bedanya. Hanya saja bila memilih mesin bor untuk keperluan rumah tangga, pilihlah yang aman, nyaman dan mudah digunakan. “Mesin bor untuk rumah tangga hanya satu atau dua kali pakai, jarang digunakan. Karena itu, pilih mesin bor yang ringan saja, sesuai kebutuhan,” jelas Arifudin. (majalah Rumah123)

Artikel Download : Bor: Sepele Namun Penting (Pdf)

adsense-fallback