Cara Aman Gunakan Perangkat Elektronik

Cara Aman Gunakan Perangkat Elektronik

Menciptakan ruang keluarga yang aman dan nyaman tidak terlepas dari kebiasaan kita dalam menggunakan perangkat elektronik.

Dalam menggunakan perangkat elektronik, banyak hal kecil yang sering diabaikan, padahal berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan keamanan kita. Menggunakan perangkat elektronik dengan aman bukan saja berpengaruh terhadap pengguna, tetapi berarti menjaga lingkungan. Dengan menjadi pengguna yang cerdas , kita akan memiliki perangkat elektronik yang tidak mudah rusak, tahan lama, sehingga mengurangi sampah elektronik. 

adsense-fallback

Berikut beberapa tindakan yang sebaiknya kita lakukan dan yang sebaiknya kita hindari.

  • Saat tidak digunakan, cukup matikan perangkat elektronik. Menekan tombol OFF tidak cukup, karena perangkat listrik akan berada dalam kondisi stand by, yang menghabiskan energi 80% dari energi ketika ia dihidupkan. Cabut kabel listrik untuk sepenuhnya mematikan perangkat elektronik.
  • Sesuaikan jarak menonton dengan besarnya layar televisi. Idelanya, jarak aman dan nyaman menonton televisi adalah 2 kali diagonal ukuran layar. Jika layar 32 inci alias 81,3 cm, maka jarak pandangnya adalah 162,5 cm aatau sekitar 1,6 m.
  • Letakkan stop kontak di tempat yang tersembunyi agar tidak terjangkau anak-anak. Apalagi di ruang yang digunakan seluruh keluarga. Alternatif lain, pilihlah stop kontak yang dilengkapi penutup atau pengunci yang baru aktif ketika diputar.
  • Menonton televisi tanpa istirahat paling lama 2 jam. Hal ini disarankan agar ada jeda waktu untuk istirahat di antara tayangan yang panjang. Ini untuk memberi kesempatan mata untuk relaks.

Film saat ini memiliki teknologi suara surround, yang membuat suara lebih berdimensi. Agar dimensinya keluar, peletakkan speaker harus diperhatikan. Penempatan speaker sebaiknya 2 di depan kiri dan kanan, serta 2 di belakang kiri dan kanan.

Sesuaikan juga daya output speaker dengan ukuran ruang. Daya 300 watt untuk ukuran ruang sekitar 2m x 3m, daya 850 watt untuk ruang berukuran sekitar 3mx4m, serta daya di atas 1000 watt untuk ruang berukuran sekitar 5mx6m.

  • Untuk berhemat, belilah produk elektronik yang murah. Ini tidak benar, karena yang utama dari pemilihan alat elektronik adalah kualitasnya, yang berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Lebih baik berinvestasi pada produk dengan harga agak tinggi namun berkualitas bagus dibandingkan mencari yang termurah tetapi kualitas terjamin. Pastikan juga pemilihan produk yang ramah lingkungan, misalnya ditandai dengan logo resmi low watt atau penggunaan material daur ulang.(Fransisca Wungu Prasasti / serial rumah)

 baca juga :

adsense-fallback