Cara membuat Ruangan Dingin dan Sejuk Tanpa Air Conditioning (AC)

adsense-fallback

Notice: Undefined index: v in /home/tipkeseh/public_html/rumahpantura.com/wp-content/themes/ampinstant/libs/shortcode/ampinstant-shortcode.php on line 165

Cara membuat Ruangan Dingin dan Sejuk Tanpa Air Conditioning (AC)

Suhu ruangan di perkotaan sekarang ini terasa sangat panas saat siang hari bahkan juga terasa pada saat malam hari. Salah satu solusi yang banyak diambil orang untuk mengurangi panas pada ruangan adalah dengan memasang Air Conditioning (AC) atau dapat juga memasang  Kipas Angin.

Rumah yang nyaman dan aman rasanya belum cukup apabila tidak disertai dengan adanya unsur hemat, terutama jika dilihat dari segi penggunaan energi listrik yang seringkali harus membayar tagihan bulanan dalam jumlah besar.

Disadari atau tidak pemakaian listrik yang berlebihan dan terus menerus seperti penggunaan Air Conditioning (AC), sedikit banyak telah memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Mungkin dampak negatif tersebut tidak senyata yang ditimbulkan oleh emisi kendaraan bermotor ataupun pabrik dengan pembakaran batu bara dan bahan bakar fosilnya. Tetapi jika terus menerus dilakukan, bukan tidak mungkin hal tersebut akan mempercepat  dampak kerusakan yang terjadi pada lingkungan dan bumi ini.

adsense-fallback

Berikut tips membuat rumah Anda terasa sejuk dan adem tanpa membebani tagihan listrik  yakni mendinginkan ruangan yang ramah lingkungan seperti dikutip dari situs brightness.com. :

  1. Perbanyaklah Jendela dan lubang angin di rumah Anda. Dengan memperbanyak jendela dan lubang angin maka disamping membuat ruangan terasa sejuk dan adem  juga akan memperlancar sirkulasi udara rumah
  2. Usahakan  jendela di rumah Anda  tinggi dan lebar supaya  udara yang masuk kerumah bisa lebih maksimal.
  3. Jika Anda mempunyai kipas angin yang dipasang di plafon, cobalah untuk merubah arahnya menjadi searah jarum jam (tidak berlawanan arah jarum jam). Dengan cara ini diharapkan kipas angin  akan mengedarkan udara disekitarnya juga 
  4. Jika Anda ingin merasakan sensari ruangan ber-AC tanpa memasang AC, Anda dapat memanfaatkan kipas angin. Caranya Anda hanya cukup memasang kipas angin dalam posisi serendah mungkin, lalu letakkan ember yang diisi penuh dengan air dingin/ air es. Lalu kipas angin itu dinyalakan dan sekarang kipas itu akan meniupkan hawa dingin dari es yang mencair tersebut. Serasa di ruangan Air Conditioning (AC) kan?

baca juga : Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Selamat mencoba menjadikan  rumah Anda terasa sejuk dan adem tanpa membuat  tagihan listrik menjadi panas.

Video Cara membuat AC dengan kipas Angin

Cara membuat Ruangan Dingin dan Sejuk Tanpa Air Conditioning (AC)

1. Siapkan ember besar bekas cat.
2. Sediakan kipas angin dan ukurlah kepala kipas pada tutup ember dengan ditandai menggunakan spidol.
3. Potong hingga berlubang di tutup ember sesuai dengan tanda spidol.
4. Rekatkan kepala kipas angin dan tutup ember yang sudah dilubangi.
5. Rapikan.

Untuk mengalirkan udara dari dalam ember, gunakan tiga pipa paralon. Lubangi sesuai ukuran pipa dan rekatkan. Langkah terakhir, isi ember dengan es batu. Kini AC bikinan kamu sudah siap digunakan.

adsense-fallback