Cara Merawat Sofa Kulit dan Kain

adsense-fallback

 Cara Merawat Sofa Kulit dan Kain

Rumah Pantura – Setiap orang pasti menginginkan perabot di rumahnya selalu terlihat bersih dan awet. Agar hal ini dapat terwujud, perabot tersebut harus dirawat, termasuk juga sofa.

Mungkin Anda sudah tidak asing mendengar kata sofa—sebuah perangkat duduk yang biasanya diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Karena bentuknya yang panjang, ada beberapa orang yang menyebut sofa sebagai dipan. Sebetulnya, yang dimaksud sofa itu adalah perangkat duduk untuk 3 orang.

adsense-fallback

Berikut Cara Merawat Sofa Kulit danSofa  Kain : 

Kulit

Untuk perawatan sofa dengan bahan kulit, tidak sesulit yang Anda bayangkan. Apabila Anda membeli sofa di produsen yang mementingkan kualitas, biasanya Anda akan diberi satu paket pembersih dan perawatan kulit sofa.

Perawatan yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi pelembab pada permukaan kulit dengan teratur. Saat ini pelembab untuk sofa sudah banyak dijual di pasaran. Selain pelembab khusus, Anda juga dapat menggunakan cairan baby oil. Namun, penggunaannya jangan terlalu banyak.

Bila ada debu yang menempel, untuk membersihkannya pun juga mudah. Caranya, gunakan kain/lap lembab lalu basuh permukaan kulit tadi dan keringkan kembali dengan kain/lap kering. Perlu diingat, kain/lap yang digunakan jangan sampai terlalu basah.

Jika akan memberi pelembab, Anda harus menggunakan spons agar mudah untuk melapiskan pelembabnya. Cara menggunakan spons adalah dengan memutar-mutar spons searah jarum jam atau berlawan jarum jam. Ini bertujuan agar pelembab dapat menempel secara merata. Perawatan untuk kulit juga dapat diaplikasikan pada bahan sintetik/ oscar.

Kain

Kain memerlukan perawatan ekstra dibandingkan kulit atau oscar. Bila kotor, kain tidak dapat hanya dilap, melainkan harus dicuci. Namun kain sofa tidak boleh dicuci sembarangan karena metoda pencuciannya menggunakan jenis dry clean. Bila tidak ingin repot, bawa saja kain tersebut ke binatu / laundry.

Artikel Download: Cara Merawat Sofa Kulit dan Kain (pdf)

adsense-fallback