Cara Tepat Mengebor

adsense-fallback

Cara Tepat Mengebor

Kayu memang tak sekeras dinding. Namun tidak berarti mengebor kayulebih mudah dari mengebor dinding. Ada beberapa tip agar hasil pengeboran kayu memuaskan.

Ada 9 hal yang perlu diperhatikan ketika mengebor kayu.

adsense-fallback
  1. Gunakan mata bor khusus untuk kayu. Mata bor kayu berbeda dengan mata bor untuk besi. Mata bor kayu mempunyai celah atau tempat yang digunakan untuk menampung sementara serbuk kayu hasil pengeboran. Sedangkan mata bor besi tidak mempunyai celah itu. Akan tetapi jika terpaksa menggunakan mata bor besi untuk mengebor kayu, pengeboran tetap, bisa dilakukan asalkan pada saat mengebor mata bor harus keluar masuk supaya ketika keluar mata bor bisa mengeluarkan sisa serbuk kayu.
  1. Pakailah pilihan kecepatan bor yang tepat. Jika Anda akan membuat lubang dengan diameter kecil, gunakan kecepatan bor yang tinggi. Hal ini bertujuan agar mata bor tidak lekas patah. Untuk putaran tinggi, kecepatannya berkisar antara 2500 sampai 4000 rpm. Sedangkan untuk lubang diameter besar, Anda dapat memilih kecepatan sedang dengan angka di bawah 1000 rpm.
  1. Agar mata bor tidak lekas patah, maka sebaiknya tekanan tangan kita pada saat mengebor jangan terlalu keras, terutama bila menggunakan mata bor kecil.
  1. Lihat jenis kayu (tepatnya tingkat kekuatan dan kekerasan kayu) yang akan dibor. Hal ini berkaitan dengan jenis mata bor yang akan digunakan. Untuk jenis kayu jati, misalnya, masih diperbolehkan menggunakan mata bor besi.
  1. Jika Anda akan mengebor papan dengan dimensi besar dan/atau diameter lubangnya besar, maka papan tersebut harus diletakkan di bawah/tanah agar pelaksanaanya lebih mudah.
  1. Agar titik pengeboran dapat tepat, maka titik itu harus diberi tanda terlebih dahulu.
  1. Posisi mata bor harus tegak lurus dengan titik yang akan dibor.
  1. Perhatikan cara berdiri ketika mengebor. Cara yang terbaik ketika mengebor adalah posisi kaki kiri berada di depan, sedangkan kaki kanan di belakang. Posisi ini diharapkan lebih stabil.
  1. Perhatikan juga cara memegang alat bor. Untuk bor yang tidak ada pegangan di bagian depan, Anda harus menggunakan kedua tangan untuk memegangnya. Tangan kanan untuk memegang bagian bawah bor dan sekaligus untuk menekan tombol power bor. Sedangkan tangan kiri untuk memegang bagian atas bor.

Nah, bila Anda memperhatikan hal tersebut niscaya Anda tidak mendapatkan kesulitan ketika mengebor. (Tabloid Rumah)

Judul Artikel : Cara Tepat Mengebor

adsense-fallback