Denah Rumah Minimalis 1 Lantai

adsense-fallback

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai – Kita tidak bisa menganggap membuat desain rumah merupakan pekerjaan mudah tanpa menentukan denahnya terlebih dahulu. Meskipun hanya untuk rumah minimalis 1 lantai sekalipun, jika tidak berpedoman pada denah yang sudah ditentukan, tentu akan sulit merealisasikan bentuk rumah sesuai keinginginan.

gambar Denah Rumah Minimalis

Mengapa denah rumah minimalis 1 lantai begitu penting? Sebab dengan denah yang sudah dibuat, kita dapat dengan mudah mengetahui luas rumah termasuk ukuran tiap-tiap ruangan didalamnya. Dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa banyak material bangunan yang kita butuhkan sekaligus berapa kisaran anggaran yang harus kita siapkan. Terlepas dari apapun tipe atau bentuk sebuah rumah, denah rumah sangat berpengaruh terhadap penentuan struktur bangunan, jumlah anggaran, dan elemen rumah secara keseluruhan.

Proses pembangunan sebuah rumah harus dilakukan secara bertahap. Pertama kita harus membuat denah berupa gambar atau sketsa-sketsa yang berisi spesifikasi rumah mencakup jumlah ruangan, ukuran ruangan, dan tata letak ruangan. Semua harus tergambar dengan jelas untuk mempermudah proses pengerjaannya. Yang perlu kita ingat, membuat denah rumah harus melalui perhitungan dan pertimbangan matang, sebab sekali saja ada kesalahan pada denah akan berpengaruh pada bentuk rumah itu sendiri.

adsense-fallback
gambar Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Setelah denah rumah ditentukan selanjutnya kita bisa mengerjakan tahap berikutnya yaitu membuat desain rumah. Desain rumah minimalis biasanya dapat dengan mudah kita temukan di media cetak atau internet, namun bisa juga berupa sket atau moke up yang ditawarkan oleh developer. Dalam hal ini banyak variasi desain yang bisa kita pilih dan tentunya para developer akan memberi penjelasan terperinci mengenai bentuk, model, serta material bangunan yang digunakan apabila kita kurang memahami konsep desain rumah minimalis tersebut.

Berkaitan dengan masalah denah rumah minimalis 1 lantai dan penentuan desainnya, masih banyak orang yang masih ragu mengenai warna atau tema rumah yang akan dipilih. Ujung-ujungnya mereka memilih cara aman dengan mengaplikasikan warna putih yang cenderung netral, meskipun terlihat monoton dan membosankan. Sebenarnya mengenai pilihan warna kita bisa berkonsultasi dengan pakar arsitektur yang memahami sistem pewarnaan interior dan eksterior rumah, sehingga kita tidak selalu mengandalkan warna putih sebagai warna dominan. Inspirasi warna rumah ini juga bisa kita lihat melalui situs-situs di internet yang dapat kita akses secara gratis.

Penataan interior ruangan merupakan bagian desain rumah yang tak kalah penting dari bagian-bagian lainnya. Salah satunya adalah ruang keluarga, kombinasi warna hitam dan abu-abu bisa kita pilih untuk warna dominan di ruangan ini. Perpaduan hitam dan abu-abu selain menonjolkan konsep minimalis yang praktis, juga sanggup menghadirkan suasana nyaman sehingga ruang keluarga dapat dimaksimalkan sesuai fungsinya.

Artinya semua penghuni rumah merasa nyaman dan betah berkumpul didalamnya. Kolaborasi warna hitam dan abu-abu ini bisa kita aplikasikan pada pilihan sofa dan bantal-bantal mungil sebagai pemanisnya. Selain itu lampu juga perlu ditempatkan diposisi yang strategis. Sebaiknya kita hindari penggunaan lampu terlalu terang yang bisa mengurangi kenyamanan orang disekitarnya

gambar rumah minimalis 1 lantai

Denah rumah minimalis 1 lantai tak lepas dari pentingnya desain kamar tidur. Karena menerapkan konsep rumah minimalis, maka sebaiknya untuk kamar tidur kita menggunakan warna-warna soft dipadukan dengan warna terang. Faktor pencahayaan umumnya juga berpengaruh pada aktivitas di dalam kamar. Misalnya ada yang sulit tidur jika lampu terlalu terang atau sebaliknya. Jadi untuk tata cahaya dalam kamar tidur sebaiknya ditentukan oleh pemilik kamar sendiri. Intinya hanya pemilik kamar tidur yang bisa menentukan kapasitas pencahayaan dalam kamar tidur tersebut sehingga jaminan kenyamanan bisa didapatkan.

adsense-fallback