Dinding Semen Bertekstur (Kamprot)

adsense-fallback

Dinding Semen Bertekstur

Kamprot dapat menjadi solusi menghasilkan tampilan dinding yang unik dan berkarakter. Semen sedari dulu terkenal andal sebagai bahan pengisi struktur bangunan. Kandungan bahannya membuat tiang, balok, dan fondasi kuat dan tak mudah rusak. Daya tarik beton, yang dihasilkan dari semen, pasir, dan kerikil, membuatnya dapat membagi beban secara merata.

Ragam pelapis yang beredar di pasaran memberikan banyak pilihan. Tapi jangan lupakan semen. Bahan bangunan berwarna abu-abu ini, juga dapat diolah sebagai penghias rumah nan cantik. Tahan lama dan mudah dikerjakan.

adsense-fallback

Kini, semen dapat diolah sebagai penghias dinding interior maupun eksterior. Salah satu treatment semen yang sering diaplikasikan adalah teknik finishing dengan kamprot. Biasanya dinding model seperti itu disandingkan dengan kayu, batu koral, atau pasangan bata.

Kamprot adalah sebuah trik atau teknik finishing pada sebuah bidang atau permukaan yang dilakukan dengan cara tertentu sehingga dapat menimbulkan tekstur halus kasar secara acak. Dinding bertekstur memiliki tampilan cukup unik dan menarik

baca juga :

Teknik Kamprot

Aplikasi kamprot ini mampu menghasilkan dinding yang bertekstur kasar mirip butiran pasir halus. Sebagian kreasi dari kamprot bisa menghasilkan tekstur bergaris acak. Jika terkena cahaya, tampilannya lebih dramatis.

Namun, untuk menghasilkan dinding kamprot yang optimal tentunya butuh semen yang berkualitas dan telah teruji. Pemilihan semen ini akan berpengaruh langsung pada daya rekat dan daya tahan hasil kamprotan. Anda juga tentu tak mau jika dinding Anda rontok di kemudian hari.

Pasir juga memiliki peran penting agar hasil kamprotan lebih baik. Pilihlah pasir yang halus jika ingin hasil yang lebih rata. Demikian juga sebaliknya. Jika ingin tekstur yang lebih ekstrim, gunakan pasir yang lebih kasar.

Apapun pilihan Anda, desain yang baik adalah desain yang sesuai dengan karakter penghuninya. Tekstur yang biasa, unik, atau kombinasi, tergantung dari penggunaan bahan dan campuran yang tepat. Jika ingin mendapatkan hasil yang memikat, gunakan semen yang tepat.

Cara membuat Dinding Kamprot (Dinding Semen Bertekstur)

Bahan dan Alat:

  • Saringan dari kawat ayan berbingkai kayu atau kain
  • Sarung tangan, sendok atau cetok semen, roskam
  • cat emulsi
  • Semen putih
  • pasir tekstur kasar

Cara membuat dinding tekstur Kamprot

Berikut langkah-langkah dalam proses membuat dinding tekstur kamprot :

  1. Plester dinding yang telah dipilih untuk dibuat tekstur kamprot, untuk dapat menghasilkan tekstur kamprot yang maksimal pastikan bahwa dinding terplester dengan rata dan sempurna.
  2. Ayak pasir yang akan dipakai, cuci dan pastikan sudah tidak ada batu kecil atau kerikil-kerikil didalamnya.
  3. Siapkan saringan dari kawat ayam atau kain dan diberi bingkai dari kayu.
  4. Lakukan pengadukan semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 3.
  5. Lakukan teknik kamprot, jika menggunakan kain sebagai saringan sebaiknya menggunakan roskam untuk mengaduk dan menempel adukan. Tempelkan adukan ke dinding yang sudah diplester memakai roskam, gosok memutar. Untuk teknik kamprot dengan saringan dari kain, tunggu hingga dinding kamprotan setengah kering sebelum menggosok dengan gerakan memutar menggunakan roskam dan kain. Untuk teknik kamprot dengan menggunakan saringan kawat adalah dengan cara melempar keras-keras adukan ke dinding plester melewati saringan dan jarak lemparan tersebut sekitar 30 cm. Selain 2 teknik kamprot ini, bisa juga menggunakan semprotan kompresor melewati ukuran nozle tertentu untuk menempelkan adukan pada dinding. Cara ini lebih cepat, tapi perlu investasi alat yang lebih mahal dan rumit untuk pemakaiannya.

Untuk mengurangi tingkat kekasaran pada cara membuat dinding tekstur kamprot ini bisa memakai cat emulsi. Atur tingkat kekentalan cat emulsi untuk menentukan tingkat kelembutan atau kekasaran dinding kamprot, semakin kental cat emulsi maka akan semakin lembut tekstur dari dinding kamprot.

Cara lainnya adalah dengan bantuan mesin atau alat, yaitu seperangkat spray gunkhusus dengan tabung besar dan kompresor, seperti proses pengecatan duco atau melamin. Biasanya pengaturan kekasaran tekstur kamprot sangat bergantung pada kekentalan adukan, besar bukaan pada spray gun, dan tekanan angin kompresor.

referensi : 
  • http://www.ciputraentrepreneurship.com/
  • http://www.griyaminimalis.com/

Video Proses Pembuatan Dinding Semen Bertekstur (Kamprot)

adsense-fallback