DPD REI Jateng Dukung Program Rumah Murah Untuk Pekerja Informal

adsense-fallback

DPD REI Jateng Dukung Program Rumah Murah Untuk Pekerja Informal

FLPP Untuk Pekerja Informal

Real Estate Indonesia (REI) siap mendorong program pengembangan dan pembiayaan rumah bagi para pekerja di sektor informal. Skema pembiayaan bisa melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

adsense-fallback

“Kami sangat mendukung program rumah murah untuk pekerja informal, karena banyak pedagang, nelayan, dan sebagainya yang belum memiliki hunian layak.” Tutur  Wakil Ketua Bidang Rumah Sederhana DPD REI Jateng, Andi Kurniawan, Kemarin.

Menurut dia, secara teknis rencana tersebut mamsih dibicarakan oleh REI Pusat. Segmentasi  dari FLP adalah mereka yang kesulitan mendapatkan fasilitas kredit dari bank.

Batas Maksimal

“tanpa bantuan dari pemerintah, salah satunya melalui program FLPP, tentu sektor informal akan kesulitan memenuhi kebutuhan rumah. Diharapkan, harga rumah bisa lebih rendah dari Rp. 105 Jua, “ Ujarnya.

Rp. 105 Juta, ;lanjut dia, merupakan batas maksimal harga jual. Strategi yang diterapkan adalah harga jual. Strategi yang diterapkan adalah harga jual bisa tidak mencapai Rp. 105 juta. Untuk menekan harga, salah satunya membangun rumah dilokasi yang berada jauh dari kota namun fasilitas transportasi tetap memadai.

“Lokasi rumah yang jauh tidak berpengaruh, karena mereka tidak bekerja dengan waktu yang ditentukan. Contohnya pedagang yang baru berjualan pada siang hari, “ Jelasnya.

Dengan lokasi tidak di tengah kota dan tipe rumah bisa diturunkan, kata Andi, harga dapat ditekan.

Lembaga Keuangan tetap akan tertarik mendukung program FLPP bagi pekerja sektor informal. Sistem pembayaran yang diterapkan bisa lebih ringan.

“misalnya dengan cara pembayaran mingguan. Kami kira pedagang akan mampu membayar,” tandasnya. (Suara Merdeka / 30 April 2014)

Judul Artikel : DPD REI Jateng Dukung Program Rumah Murah Untuk Pekerja Informal

adsense-fallback