Hadirkan Kesan Berbeda Dalam Ruangan Dengan Merubah Warna

adsense-fallback

Hadirkan Kesan Berbeda Dalam Ruangan Dengan Merubah Warna

Merubah warna dasar hunian menjadi cara mudah untuk menciptakan suasana berbeda. Warna baru diharapkan dapat menghilangkan kejenuhan dan membangkitkan semangat.

Warna juga menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memasuki sebuah ruang. Perlu kecermatan dalam memadupadankan warna agar hunian tampil selaras dengan tema yang dihadirkan.

adsense-fallback

Sebelum mengubah warna hunian, alangkah baiknya penghuni memahami arti warna terlebih dahulu. Morwena Brett dalam buku First Dekorasi, menjelaskan tentang warna. Faktor pertama adalah pencahayaan, penghuni perlu memperhatikan efek cahaya alami dan buatan terhadap tampilan warna.

Besarnya kadar warna yang digunakan juga menjadi perhatian. Kadar warna berbeda dapat menimbulkan dampak berbeda pula. Faktor berikutnya yakni tekstur. Cat mengkilap pada permukaan yang tidak rata akan tampak berbeda dengan cat pada permukaan rata, meski keduanya menggunakan warna sama.

Perlu diingat bahwa dalam mengkombinasikan warna ruangan, kita tetap perlu menggunakan warna netral untuk menghadirkan keserasian atau memperlembut skema warna yang kuat.

Ruangan menyimpan kesan berbeda melalui tampilan warnanya. Merah, jingga, dan kuning dalam ruangan lebih berkesan hangat. Sedangkan kesan sejuk lebih condong pada hijau, biru, dan ungu.

Merah

Warna merah dapat memancarkan energi cemerlang,  vitalitas, dan kesan dramatis. Kesan hangat pada merah lebih cocok diaplikasikan pada ruangan-ruangan bersuhu dingin seperti dapur dan kamar mandi. Namun, bila dipergunakan terlalu mencolok, ruangan akan berkesan lebih sempit.

Untuk menghadirkan kesan lebih lembut, warna merah dapat dicampur dengan putih sehingga tercipta merah muda. Warna ini mampu menghadirkan kesan feminim yang kuat. Maka tidak heran, jika warna ini banyak dipakai di kamar perempuan. Kesan romantis juga bisa dimunculkan dari warna tersebut.

Jingga

Tidak jauh berbeda dengan merah, warna jingga memiliki tujuan yang hampir sama. Warna ini berkesan menggugah bila dipadukan dengan warna koral, apricot, dan putih. Kombinasi warna tersebut cocok diterapkan dalam kamar tidur. Sedangkan untuk ruang depan, tamu,dan ruang kerja dapat menggunakan warna jingga yang dikombinasikan dengan krem atau putih, untuk menghadirkan kesan elegan dan hangat.

Kuning

Kuning adalah warna yang melambangkan keceriaan, intelektualitas yang tinggi dan energi kreatif. Warna ini bagus digunakan dalam kamar anak, koridor, dan kamar mandi. Agar tidak terlalu meyilaukan, warna kuning dapat dipadukan dengan warna netral atau biru. Ruangan sempit dapat berkesan lebih luas dengan warna kuning pucat, karena warna ini dapat memantulkan cahaya yang kuat.

Hijau

Hijau merupakan warna keseimbangan. Jika digambarkan dalam spektrum warna, hijau terletak di antara warna-warna hangat dan dingin. Rona hijau pucat dapat menimbulkan kesan luas pada kamar mandi dan kamar tidur sempit. Sedangkan warna hijau zaitun dapat berkesan elegan. Warna ini cocok diaplikasikan pada ruangan bergaya kantri. Namun, warna hijau memerlukan pencahayaan yang baik agar tidak gelap saat malam.

Biru

Karakter dingin pada warna biru dapat menyebarkan kesejukan dalam ruangan. Dengan warna ini, seseorang dapat menikmati suasana sejuk dalam ruangan dan membuat lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Oleh karena itu, warna biru cocok digunakan untuk kamar tidur dan ruang kerja.

Ungu

Ungu merupakan warna yang banyak ragam. Ungu tua berkesan misteris dan ungu kemerahan berkesan elegan. Sebaliknya ungu muda menyiratkan kelembutan dan ringan. Perpaduan ungu tua dan ungu pastel dapat menghadirkan kesan anggun dan feminim. Sama halnya dengan pink, warna ini cocok digunakan pad kamar anak perempuan.

Dengan memahami karakter warna itu, memudahkan orang menciptakan kesan yang dinginkan pada sebuah ruangan. Setiap orang memiliki selera berbeda, sehingga tidak perlu ragu untuk menentukan warna. (ae-smg)

baca juga :

Memilih Warna kamar Untuk  Merangsang Kreativitas Anak

Pengaruh Warna Kamar terhadap Perilaku Anak

Warna Ceria untuk Kamar Tidur

adsense-fallback