HPL Pelapis Bercorak dan Bertekstur

HPL Pelapis Bercorak dan Bertekstur

Selapis tipis HPL mampu mengubah suasana ruang dengan praktis sesuai karakter yang diinginkan.

HPL (High Pressure laminate) semakin diminati sebagai material pelapis dinding karena tampilannya yang kaya warna. Tekstur, dan corak. Suasana ruang pun mudah dibangun hanya dengan cara melapiskan HPL ke seluruh dinding atau hanya sebagai aksen.

adsense-fallback

Sebelum memilih HPL sebagai pelapis dinding ruang atau untuk panel dan partisi, beberapa hal ini perlu Anda ketahui :

 

Material Sintetis

  • HPL merupakan salah satu finishing untuk dinding yang bahan dasarnya terbuata dari campuran kertas dan resin yang terdiri dari beberapa lapisan, antara lain craft paper, deco paper dan inlay.
  • Teknologi pada HPL memungkinkannya tampil menyerupai apa saja, baik material alamiah, misalnya kayu, bambu, atau marmer maupun yang terkesan futuristik yaitu perak, tembaga, dan perunggu.
  • Berbentuk lembaran ukuran 1220 mm x 2440 mm dengan ketebalan 0,7-0,8 mm.

 

Juga Melapisi Furnitur

Selain untuk pelapis dinding, HPL juga digunakan sebagai pelapis furnitur. Kelebihan inilah yang juga memudahkan para desainer membuat furnitur yang sama atau senada dengan dinding ruang.

Kamar anak atau ruang bermain anak, misalnya , tampil semarak berkat pemakaian material pelapis yang sama pada dinding dan furniturnya. Demikian juga pada pantri, HPL juga bisa digunakan pada dinding dan tabletop.

 

HPL Berkualitas

Untuk hasil yang terbaik, pastikan Anda memilih HPL yang berkualitas yang baik pula.

  • Pilih HPL yang lapisan terluarnya minimal 0,3 mm karena lebih tahan lecet dibandingkan yang kurang dari 0,3 mm.
  • Pastikan corak dan warnanya stabil
  • Pilih yang salah satu bahan pembentuknya, yaitu resin yang bebas urea sehingga aman bagi lingkungan.
  • Kita tetap perlu mendapatkan udara yang baik dan tidak terkontaminasi bahan kimia yang mungkin berasal dari material pelapis, misalnya HPL. Pastikan bahwa HPL yang Anda gunakan memiliki sertifikaksi Greenguard yang memastikan bahwa HPL ini bebas dari emisi volatile organic Compounds (VOCs) yang mengganggu kesehatan.

Lebih Tahan Api

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kebakaran, waktu untuk penyelamatan sangatlah berharga. Salah satu upaya menambah rasa aman adalah pemakaian HPL jenis tertentu yang lebih tahan api untuk pelapisan pada dinding ruang. Karena sifatnya yang lebih tahan api, penghuni rumah pun memiliki waktu lebih untuk usaha penyelamatan dirinya.

Harus Memakai Rangka

Agar HPL terpasang dengan baik, Anda perlu mengetahui cara-cara pemasangnannya. Berikut ini sarannya :

  • HPL tidak bisa dipasanglangsung ke dinding semen karena kemungkinan lembab sehingga mudah merusak perekatnya.
  • HPL harus dipasang memakai rangka kayu atau hollow, kemudian ditempelkan pad material lain (media board) yang disarankan , misalnya MDF atau Plywood.
  • Untuk aplikasi HPL pad dinding yang lebar disarankan menggunakan MDF ketebalan 3 mm dengan menggunakan mesin pres baru kemudian ditempelkan ke dining yang sudah ditempeli multipleks, MDF, atau Plywood.
  • Untuk kesempurnaan pemasangan, cari referensi perekat yang disarankan dan perhatikan cara pemotongan yang benar agar HPL tidak retak atau pecah. (Puspita Dewi/Serial Rumah)

adsense-fallback