Jika dinding Tembok Anda mengalami Retak

Dinding Rumah Retak

Jika dinding Tembok Anda mengalami Retak/Dinding Retak 

Apakah Anda pernah menjumpai, tembok rumah mengalami retak-retak? Mungkin hal ini akan membuat Anda sebal karena pastinya Anda akan mengalami kekhawatiran tentang struktur bangunan rumah Anda.

Tembok yang mengalami keretakan biasanya disebabkan oleh Struktur bangunan (kolom, balok, pelat, pondasi ) tidak kuat sehingga menyebabkan dinding bata harus menahan beban rumah yang seharusnya ditopang oleh kolom. Keretakan tembok juga dapat disebabkan karena penggunaan campuran semen dibawah standar dan juga karena kualitas pasir yang jelek seperti banyak mengandung lumpur. Perbandingan campuran material pasangan batu bata yang tidak benar dapat menyebabkan pasangan bata tembok Anda  menjadi keropos, retak bahkan dapat menyebabkan terjadinya  keruntuhan bangunan. Disamping karena hal tersebut di atas keretakan pada dinding rumah Anda juga dapat disebabkan oleh kondisi tanah dimana Anda membangun rumah yang belum stabil atau dapat juga disebabkan oleh bencana alam seperti gempa bumi juga dapat menyebabkan keretakan dinding rumah.

adsense-fallback

Retak pada dinding juga dapat disebabkan karena Jarak waktu pekerjaan plesteran dengan pasangan dinding batu bata yang terlalu cepat dapat menyebabkan dinding panas sehingga terjadi keretakan tembok.

Solusi jika dinding rumah mengalami keretakan

Retak pada tembok rumah dapat di cegah sedini mungkin, antara lain dengan membangun struktur rumah secara hati-hati, menggunakan perhitungan sesuai peraturan beton Indonesia. Penggunaan material dengan mutu yang baik, apabila terpaksa menggunakan material dengan mutu kurang, pastikan bahwa penggunaan acian khusus untuk tembok dan sediakan waktu agar material benar-benar sudah tidak akan susut lagi.

Anda juga dapat  mengatasi tembok retak yang  berkaitan dengan kegagalan struktur dengan cara  melakukan penguatan terlebih dahulu pada area struktur yang lemah seperti penambahan kolom praktis atau penebalan pondasi

Jika penyebab keretakan pada dinding rumah Anda  adalah retak biasa, maka cara memperbaikinya dengan terlebih dahulu membobok dinding yang retak, kemudian menambalnya dengan campuran material yang baik, plesteran, acian, kemudian di finish sesuai sisi dinding sekitarnya.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai Dinding retak pada tembok rumah dan cara pencegahannya. Semoga bisa membantu.

adsense-fallback