Kelebihan Furnitur Kayu Mahoni

adsense-fallback

Kelebihan Furnitur Kayu Mahoni Kuat, harga lebih terjangkau

Rumah Pantura – Kayu jati memang kuat. Tapi kayu mahoni, tidak kalah kuat dibandingkan kayu jati. Kayu ini juga cocok untuk furnitur.

Berbicara tentang furnitur berbahan kayu, banyak orang berkiblat pada kayu jati. Tidak salah memang jika ada pandangan seperti ini. Dilihat dari kekuatan, keawetan, dan keindahan yang  dimilikinya, kualitasnya sudah tidak terbantahkan lagi. Tetapi, jati semakin mahal dan langka.

adsense-fallback

Ada alternatif kayu yang bisa digunakan untuk menggantikan jati, yaitu kayu mahoni. Kekuatannya  tidak kalah dengan jati, namun dari segi harga lebih murah. Ketersediannya pun lebih banyak dibandingkan jati.

Karakteristik Mahoni

Pohon mahoni berasal dari Hindia Barat dan Afrika. Ia tumbuh subur di daerah pasir dengan kondisi air payau dan dekat dengan pantai. Untuk jenisnya, pohon mahoni dikelompokkan menjadi dua, mahoni berdaun kecil (swietenia mahagoni jacg) dan mahoni berdaun besar(swietenia macrophylla king). Keduanya termasuk dalam keluarga meliaceae).

Tinggi pohon mahoni bisa mencapai 30 m, bahkan bisa lebih . pada umur 10-12 tahun, pohon ini siap ditebang dan dijadikan komoditas untuk kayu furnitur. Di pasaran, jenis kayu mahoni yang paling banyak digunakan adalah yang berdaun besar.

Cocokkah untuk Furnitur?

Tidak semua kayu cocok dijadikan furnitur interior. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar furnitur berbahan material kayu tampil maksimal. Syarat-syarat kayu yang baik digunakan untuk material furnitur adalah memiliki serat yang halus dan padat , tidak banyak  mata kayu, tidak mudah retak, serta kembang susutnya sedikit dan ini dimiliki oleh kayu mahoni.

Berbeda dengan kayu jati yang memiliki serat bagus, serat kayu mahoni cenderung polos. Dulu, ini dianggap sebagai kekurangan. Kini, banyak industri yang menganggap minimnya serat ditambah minimnya mata kayu sebagai sebuah kelebihan dari mahoni. Kondisi ini membuat kayu tampil lebih ringan dan tidak terkesan berat. Baik menggunakan finishing maupun tidak di-finishing, tidak masalah. Bahkan, kayu ini dinilai sangat fleksibel dan cocok untuk membuat furnitur berbagai gaya tanpa adanya batasan

Spesifikasi Kayu Mahoni

Karakteristik Memiliki serat yang halus dan padat, tidak banyak mata kayu, tidak mudah retak
Fitur Tinggi dapat mencapai 30 m dengan diameter hingga 2 m
Warna Cokelat muda kemerahan
Tekstur/motif Sedikit tekstur/motif, bahkan cenderung polos
Daya tahan Kayu kuat dan cocok diaplikasikan ke dalam semua jenis furnitur
Muai-susut Nilai muai-susutnya kecil hingga jarang yang permukaannya keriput

Tip Memilih Furnitur kayu

Furnitur interior berbahan kayu di pasaran jumlahnya tak terbatas. Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih furnitur interior kayu yang baik?

  • Setiap jenis kayu memiliki kualitas tertentu. Pastikan furnitur kayu yang Anda beli adalah sesuai yang Anda inginkan
  • Material kayu tidak mempunyai cacat atau tanda potongan dari cabang-cabang yang bisa mengurangi kualitas dan keindahan dari furnitur.
  • Kayu dalam kondisi mulus, tidak keropos, atau berjamur
  • Pilih produsen yang sudah memiliki lisensi dan kualitas yang baik

(Irfan Hidayat/Serial Rumah)

Judul Artikel : Kelebihan Furnitur Kayu Mahoni

adsense-fallback