Kelebihan Papan Semen Sang Dinding Inovatif

adsense-fallback

Rumah PanturaKelebihan Papan Semen Sang  Dinding Inovatif sebagai alternatif gipsum

Diantara Kelebihan Papan semen adalah lebih kuat dan tahan cuaca sehingga bisa diaplikasikan baik untuk ruang dalam maupun luar.

Material yang satu ini memang belum terlalu popular dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti batu bata, batako atau gipsum. Padahal, material ini memiliki banyak kelebihan sebagai plafon, partisi, pelapis tembok, pembungkus tiang kolom, dan elemen dekoratif lain. Itulah papan semen atau semen board. Dan ada juga menyebut papan GRC (glassfiber reinforced cement).

adsense-fallback

Sebenarnya, papan semen memiliki kandungannya hampir sama dengan beton biasa. Hanya saja kalau beton biasa memiliki tulangan baja di dalamnya, papan semen terdiri dari campuran gipsum, semen, pasir, dan serat (fiber) sehingga kuat namun jauh lebih ringan dan luwes.

Memang papan semen tercipta sebagai alternatif gipsum. Pasalnya, gipsum memiliki banyak kelemahan. Antara lain tidak tahan air dan rayap, dan kurang kuat menahan benturan. Papan semen sebaliknya, tahan cuaca, rayap, api, jamur, dan benturan, sekaligus kedap suara, sehingga bisa dipakai baik untuk interior maupun eksterior dan listplank.

Menariknya, papan semen mampu menahan benturan hingga 170 kg/cm2 dan tahan api hingga satu jam. Karena itu bisa pula dipakai sebagai pelapis kolom atau dinding luar (cladding) dan dekorasinya, bahkan untuk pagar.

Menurut Sendar Kutlu, Aquapanel Regional Manager Near-East Asia Pasific, papan semen diciptakan dengan teknologi canggih sehingga dapat bersahabat dengan cuaca panas dan dingin. “Dibuat dari bahan yang tahan cuaca panas dan lembab. Sehingga untuk dinding kamar mandi pun dapat menahan rembesan air dan udara lembab,” jelasnya.

 Lebih lanjut Sendar memaparkan papan semen mempunyai sejumlah keunggulan lainnya. Pertama, papan semen mengandung bahan isolasi yang piawai meredam ataupun memantulkan sinar matahari. “Alhasil suhu ruangan yang dipasang papan semen tak panas,” katanya.

 Lalu, papan semen tahan api, tahan rayap, dan tak menyerap air. Dan, terakhir pemasangan sangat mudah dan cepat. “Papan semen tidak mengandung asbes sehingga aman bagi kesehatan,” tambah Sendar.

Permukaan papan semen yang rata dan halus dengan warna dasar putih sehingga

memudahkan finishing. Papan bisa langsung dicat atau dilapisi wallpaper tanpa harus diplamir atau diamplas dulu, dengan hasil lebih cemerlang

Dinding, plafon, atau kolom yang dilapisi papan semen relatif bebas perawatan. Material awet selama 25 – 30 tahun. Karena itu banyak restoran dan gedung mutakhir memakainya untuk elemen dan dekorasi eksterior.

Ketebalan papan semen untuk setiap aplikasi berbeda sesuai fungsi ruang. Misalnya, untuk partisi interior dan area basah, pakai lembaran dengan ketebalan 5-10 mm, sementara untuk plafon 4 mm. Dan, untuk cladding dan listplank sebaiknya memakai

ketebalan 9-15 mm. Pemasangan sama dengan gipsum dan dilakukan oleh aplikator. Kerangkanya bisa dari kayu atau besi tergantung ketebalan.

Dipasaran beragam produk papan semen diantaranya Aquapanel dari Knauf. Lalu ada Superpanel dan Fiberflat dari GRC Board maupun Big Flat Elephant keluaran PT Siam-lndo Concrete Products dan masih banyak lagi.

 Kelebihan Papan Semen : 

  •  Mutu bahan terjamin, karena dibuat di pabrik dengan kontrol kualitas prima.
  • Mudah dibentuk menjadi berbagai desain yang sesuai dengan kondisi lapangan, sehingga mampu memberikan solusi untuk mewujudkan berbagai desain, secara mudah dan efisien baik untuk eksterior sebagai selimut bangunan maupun interior seperti ukiran, kaligrafi maupun elemen estetika lainnya. Selain itu juga dapat digunakan pada bangunan infrastruktur seperti monumen, saluran drainase dan lainnya.
  • Papan semen memiliki bobot yang ringan. Hal ini mampu mengurangi biaya transportasi maupun pemasangan, dalam aplikasi gedung-gedung tinggi juga mengurangi beban konstruksi yang menjurus pada penghematan biaya struktur dan pondasi
  • Karena tidak mengandung asbes papan semen memiliki bahan kimia maupun korosi, tahan terhadap cuaca, tahan terhadap api, kedap suara, tahan lembab dan tahan air.
  • Sistem pemasangan yang mudah dan cepat meningkatkan efesinsitas pembangunan.
  • Harga bersaing dengan segala jenis produk papan semen yang saat ini beredar di pasaran.

Papan semen lebih kuat dan tahan cuaca sehingga bisa diaplikasikan baik untuk ruang dalam maupun luar. Dipasaran beragam produk papan semen diantaranya Aquapanel dari Knauf. Lalu ada Superpanel dan Fiberflat dari GRC Board maupun Big Flat Elephant keluaran PT Siam-lndo Concrete Products dan masih banyak lagi. demikian kelebihan papan semen bila dibandingkan dengan gipsum dan lainnya. (Majalah Rumah123)

adsense-fallback