Kiat Mencicil Biaya Rumah Idaman

adsense-fallback

Kiat Mencicil Biaya Rumah Idaman

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah idaman? Bayangan menata rumah sendiri yang bakal dihuni dengan nyaman boleh jadi menari-nari di benak setiap orang.

Tapi, tentu saja, membeli rumah berbeda dengan membeli barang-barang lain. Alih-alih punya rumah idaman, uang yang sudah disetor bisa melayang jika tidak hati-hati dan cermat memilih.

adsense-fallback

Perencana keuangan Ligwina Hananto dan Chief Financial Planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, memberikan sejumlah tips untuk Anda yang berniat mencicil rumah idaman. Berikut lima diantaranya :

1. Hitung cermat
Kita diminta untuk menghitung cermat kemampuan membayar cicilan jika ingin mengangsur beli rumah. Buatlah cicilan yang realistis, tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan yang ada.

2. Siapkan uang muka
Harga rumah yang naik terus membuat upaya mengumpulkan uang muka jadi perlu agresif. Kalau tahun depan rumah itu sudah mau dibeli, disarankan untuk menyimpan uang di reksa dana pasar uang.

3. Reksa dana
Jika rumah itu hendak dibeli dalam waktu tiga tahun ke depan, sebaiknya uangnya disimpan dalam bentuk reksa dana campuran untuk mereka yang berani mengambil risiko dalam investasi. Atau, bila profil investasinya cenderung konservatif, lebih baik simpan di reksa dana pendapatan tetap.

4. Logam mulia
Bagaimana bila pembeliannya masih ditargetkan di atas tiga tahun? Lebih baik bila Anda menginvestasikan uang dalam bentuk logam mulia.

5. Dana darurat
Jangan terburu-buru dalam merencanakan cicilan. Yang paling baik adalah memiliki dana darurat terlebih dahulu, baru menyisihkan uang untuk dana rumah. Dana darurat bagi mereka yang lajang jumlahnya tiga sampai empat kali pengeluaran rutin per bulan.

http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/14/05/22/n5yymo-kiat-mencicil-biaya-rumah-idaman

Judul Artikel : Kiat Mencicil Biaya Rumah Idaman

adsense-fallback