Konstruksi Ringan Dinding Gipsum

adsense-fallback

Konstruksi Ringan Dinding Gipsum

Walaupun dinding gipsum sudah lama dikenal di masyarakat. Namun aplikasinya masih identik dengan penyekat ruang kantor. Masih jarang orang menggunakannya sebagai bahan dinding di rumah.

Ada beberapa anggapan di masyarakat bahwa kuat itu harus keras, tebal, kokoh, susah dipaku dan sebagainya dan karakter material  gipsum dianggap kurang kuat. baca juga : Kelebihan Papan Gipsum

adsense-fallback

Kelebihan Gipsum

Material gipsum mempunyai kelebihan dibanding dinding bata yakni lebih praktis dan tidak mengotori ruangan. Jadi, saat merenovasi rumah tidak ada lagi semen berceceran seperti membangun dinding pada umumnya. Kelebihan lain dari gipsum, yakni rangka gipsum bisa langsung dipasang menyambung dengan lantai dan dinding. Tak perlu mengikuti pondasi karena bobotnya ringan.

Tanpa berpatokan dengan pondasi, maka Anda bebas menyekat ruangan dimana saja. Layout ruangan jadi lebih fleksibel. Demikian pula dengan proses bongkar pasangnya yang bisa diukur dalam hitungan jam. baca juga : Redam Suara Bising Dengan Gipsum

Pilih Sesuai Kebutuhan

Di pasaran ada 3 jenis gipsum yang beredar selain model yang biasa. Gipsum fleksibel, tahan lembap, dan tahan panas.

Jenis gipsum fleksibel mampu menghasilkan dinding yang melengkung. Radius lengkungnya mencapai minimal 3 meter untuk ukuran panjang gipsum 1,2 meter. Dinding pun tak melulu tegak lurus.

Ada pula jenis gipsum yang tahan lembap, cocok diaplikasikan untuk daerah basah seperti kamar mandi, dapur, hingga teras. Namun agar pemasangannya optimal butuh pelapisan kedap air. Mislnya, keramik  dengan perekat mortar.

Papan gipsum yang terdiri dari bagian inti CaSO4 2H2O dilengkapi dengan silikon dan bahan aditif, dilapisi kertas impor terbaik lebih tahan jamur dan lebih minim penyerapan air. Gipsum lapis moisture mampu menahan kelembapan relatif ruang sampai dengan 95% dengan kondisi penyerapan air harus <5%.

Jenis gipsum lainnya adalah model yang tahan panas. Walaupun tak sebaik dinding bata biasa, namun lembar gipsum t erkini mampu menahan rambatan api 45 menit sampai dengan 4 jam dalam suhu bakar sampai dengan 900-1.000 derajat celcius. Itu bergantung pada sistem aplikaksi yang digunakan.

Ambalan Gipsum

Seperti halnya dinding lainnya, Anda juga dapat memasang ambalan di lembar gipsum. Namun untuk pemasangannya, Anda membutuhkan sekrup angkur khusus gipsum yang banyak dijual di supermarket bahan bangunan. baca juga : Cara Memasang Ambalan Melayang 

Ada terdapat beberapa jenis sekrup angkur. Namun Anda perlu menyesuaikan dengan berat ambalan yang akan dipasang. Keterangan daya pikul beban sekrup angkur tersebut terdapat pada bungkusnya.

Angka daya dukung beban pada gipsum juga cukup besar, mencapai 30 kg. TV plasma pun dapat digantung pada dinding papan ini. Ingat, butuh instalasi dan pemasangan rangka yang tepat agar dinding menyangga dengan sempurna.

Kini, Anda yang memutuskan, membangung dinding yang mudah bongkar pasang atau dinding konvensional yang pengerjaannya membutuhkan tenaga ekstra. (tabloid Renovasi)

Judul artikel : Konstruksi Ringan Dinding Gipsum

adsense-fallback