Kriteria Rumah Sehat dan Cara Perawatannya

adsense-fallback

Kriteria  Rumah Sehat dan Cara Perawatannya

Kriteria rumah sehat bisa dilihat dari cara perawatannya. Cara perawatan itu diwujudkan melalu kebiasaan, alat pembersih, jadwal kebersihan, dan cara membersihkan berdasarkan fungsi ruangannya.

Anda bisa menjadikan rumah sehat dengan sebelas kriteria cara merawatnya. Berikut rangkumannya :

adsense-fallback
  1. Sebaiknya Anda membersihkan kulkas satu sampai tiga bulan sekali tergantung penggunaan. Enam bulan sekali membersihkan kaca jendela luar dan dalam. Tiga bulan sekali mencuci gorden.
  2. Anda harus membersihkan rumah setiap hari. Untuk tempat tertentu, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner satu minggu sekali.
  3. Anda memerlukan satu sapu khusus untuk membersihkan ruangan dalam.
  4. Sediakan tempat sampah di dalam rumah. Bersihkan tutup bagian dalam dan luarnya satu minggu sekali. Sampah dibuang seminggu sekali, ganti plastik sampah kalau isinya sudah penuh.
  5. Anda sebaiknya memeriksa plafon gipsum satu bulan sekali, terutama di area pertemuan plafon dan dinding. Bersihkan bila ada jaring laba-laba. Dempul bila gipsum sudah mulai retak.
  6. Bak mandi sebaiknya dikuras setiap hari. Bila bak mandi Anda sudah retak dan berlumut, segera perbaiki dengan menambahnya menggunakan silasec (zat perawat keramik).
  7. Anda memerlukan sepasang sarung tangan untuk bersih-besih rumah, cuci piring dan menyiapkan makanan berdaging.
  8. Bersihkan sink seetiap hari. Gunakan pembersih yang ramah lingkungan. Agar meja sink tidak tergores, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan spons.
  9. Enam bulan sekali Anda harus meoles pintu dan furnitur kayu dengan zat antirayap. Agar ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan cat waterbase (berbahan air).
  10. Bersihkan setiap hari tempat penyimpanan Anda. Gunakan lap majun bila rak Anda terbuat dari kayu.
  11. Cek engsel pintu lemari Anda setiap bulan. Pintu adalah bagian lemari yang sering terkena beban. Bila sudah longgar, pasang engsel baru berjarak 15 cm dari engsel paling atas.

adsense-fallback