Memasang Ambalan Melayang

adsense-fallback

Memasang Ambalan Melayang

Ambalan yang satu ini agak beda. Ia tidak menempel pada bagian dalam lemari. Namun, ia menggantung dan mengikat pada dinding. Bahannya dari papan, yang diberi perkuatan pada bagian dalamnya.

Ukuran ambalan, sekitar 15-20 cm. Panjangnya, berkisar 40-80 cm, atau hingga 120 cm. Tebalnya, sekitar 4-6 cm. Bahannya bisa menggunakan multipleks yang mendapat finishing melamik, duko, atau HPL biasa. Selain mutipleks, Anda juga dapat menggunakan kayu solid sebagai ambalan. Agar nampak cantik, ambalan dapat di finishing dengan menggunakan cat duco.

adsense-fallback

Berikut tip memasang ambalan melayang.

  1. Siapkan Bahan Dasar

Anda dapat menggunakan ambalan yang terbuat dari boks dari multipleks. Alasannya, bahan tersebut relatif murah dan mudah dimodifikasi sesuai selera. Untuk menopang papan tersebut, Anda perlu membuat lubang pada satu sisi papan.

  1. Sediakan Penyangga

Setelh letak ambalan ditentukan, Anda perlu membuat penyangga dari multipleks 12 mm-15 mm. Lubangi, satu sisi papan terlebih dahulu dengan menggunakan bor. Setelah itu, buatlah papan yang menjadi penyangga yang menyerupai huruf J. Tempatkan penyangga pada sudut 90 derajat di tiap sisinya. Lekuk pendek pada bentuk J ini berfungsi sebagai pengait dan pengunci ambalan agar lebih stabil dan tak mudah goyah. Sedangkan lengan panjangnya berfungsi sebagai penyangga yang disekrup ke dinding.

  1. Gambar Posisi Penempatan

Anda perlu membuat letak penempatan ambalan. Tandai posisi ambalan tersebut, sesuai dengan kebutuhan. Pastikan letak ambalan agar aman dan tidak mudah terbentur. Sebaiknya, beri jarak dan tempatkan pada dinding yang jarang dilalui orang.

  1. Sambungkan Ambalan

Setelah penyangga masuk pada lubang, geser ambalan ke arah lekukan berbentuk J. Pastikan ambalan telah “terjepit” pada penyangga. Agar lebih kuat, pasang sekrup bawah ambalan hingga menembus rangka. (tabloid renovasi)

baca juga :

Video Tutorial Cara membuat ambalan melayang :

 

adsense-fallback