Memilih dan Mengatur Lampu Tidur

adsense-fallback

Memilih dan Mengatur Lampu Tidur

Menciptakan lingkungan tidur yang baik menjadi cara tepat untuk mendapatkan tidur berkualitas. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh sistem pencahayaan yang digunakan. Karena itu, pemilik rumah perlu memperhatikan pencahayaan ketika tidur malam.

Intensitas cahaya dalam kamar tersebut mempengaruhi ritme tidur seseorang. Menurut beberapa penelitian, tidur dalam ruangan dengan pencahayaan rendah, lebih baik untuk kesehatan. Dalam paparan cahaya minimal, seseorang umumnya mudah terlelap dan dapat  tidur lebih nyenyak dibanding tidur dalam ruangan yang terang. Karena itu, mematikan lampu kamar sebelum tidur hendaknya menjadi kebiasaan yang perlu dilakukan. Penghuni cukup menggunakan lampu tidur agar saat terjaga tetap mengetahui kondisi kamar.

adsense-fallback

Jenis lampu tidur tentunya berbeda dengan lampu utama yang digunakan ketika penghuni melakukan aktifitas di kamar, seperti belajar atau menonton TV. Lampu tidur yang baik memenuhi beberapa kriteria berikut :

Ukuran sesuai

Ukuran lampu tidur sebaiknya disesuaikan dengan luas ruangan. Hindari penggunaan lampu terlalu besar karena dapat menyilaukan mata.

Cahaya Remang-remang

Lampu tidur yang baik memiliki cahaya remang-remang dan lembut. Tujuannya agar suasana lebih santai sehingga penghuni kamar cepat terlelap. Bila perlu pilih lampu dengan warna –warna tertentu yang memberi kesan menenangkan dan hangat.

Tombol pengaturan

Sebaiknya pilih lampu tidur yang dilengkapi dengan tombol pengaturan cahaya. Pengguna dapat mengatur sendiri besarnya cahaya yang dihasilkan oleh lampu tidur. Jika terlalu terang, kekuatan cahaya yang dihasilkan dapat dikurangi, begitu pula sebaiknya.

Desain menarik

Selain memberi penerangan saat tidur, lampu juga berfungsi sebagai  dekorasi ruangan. Maka, seseorang dapat memilih lampu dengan bentuk dan desain sesuai keinginan. Saat ini, tersedia berbagai lampu tidur dengan bentuk-bentuk unik seperti binatang, karakter tokoh kartun, dan bunga.

Pengguna dapat memilih desain lampu sesuai tema ruangan. Misalnya, lampu dengan desain lucu sangat cocok ditempatkan dalam ruang tidur anak. Bentuknya yang menarik dapat membuat anak-anak lebih menyukai kamar mereka.

Penempatan Lampu

Pengguna perlu pula memastikan lampu berada di posisi strategis. Sebaiknya tidak meletakkan lampu terlalu dekat dengan tempat tidur dan langsung mengenai mata. Lampu tidur dapat diletakkan dibalik pernak-pernik kamar lainnya agar cahaya tidak menyilaukan mata. Lampu dapat pula digantung di tempat yang tinggi.

Namun, hindari penggunaan lampu tidur yang terlalu banyak. Karena meski cahayanya tidak terlalu kuat, banyaknya lampu dapat mengganggu tidur. Untuk ruangan yang kecil cukup gunakan satu lampu tidur.

Dengan pemilihan dan penataan yang sesuai lampu tidur dapat membantu penghuni kamar untuk mendapatkan tidur berkualitas. Suasana menenangkan tersebut tentunya tentunya baik untuk kesehatan tubuh. (Suara Merdeka)

adsense-fallback