Menciptakan Perpustakaan Rumah Untuk Anak

adsense-fallback

Menciptakan Perpustakaan Rumah Untuk Anak

Membiasakan anak-anak gemar membaca menjadi cara yang baik bagi tumbuh kembang mereka. Anak akan memiliki pengetahuan lebih dari buku yang dibaca. Oleh karena itu, menyediakan buku-buku bacaan serta ruang yang nyaman dapat menjadi langkah tepat menarik minat baca anak. Keduanya dapat diwujudkan dengan desain perpustakaan untuk anak.

Perpustakaan dapat menjadi tempat menyimpan koleksi serta ruang baca yang tenang. Maka, tidak ada salahnya menyediakan sedikit tempat yang nyaman untuk perpustakaan anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan sebuah perpustakaan anak di rumah.

adsense-fallback

Ruang

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan yaitu pemilihan tempat untuk perpustakaan rumah. Tempat yang tepat untuk perpustakaan hendaknya tidak panas dan mendapat pencahayaan yang cukup. Usahakan pancaran lampu datang dari belakang kursi atau di atas bahu pembaca. Tujuannya untuk membantu pencahayaan di malam hari.

Penyimpanan Buku

Sesuai dengan kebutuhan anak, orang tua perlu menyiapkan tempat buku yang menarik dan mudah  dijangkau. Tempat penyimpanan tersebut dapat berupa rak atau kubus plastik warna-warni. Penggunaan warna cerah dapat memberi kesan ceria dan memberi stimulus baik untuk anak.

Pastikan ukuran tempat tersebut sesuai dengan banyaknya buku yang dimiliki. Selain itu, pilih rak atau kotak berbahan halus agar tidak melukai tangan.

Dalam tempat penyimpanan tersebut, atur  buku berdasarkan kategorinya agar mudah dicari,misalnya buku fiksi, non fiksi, komik, buku cerita, dan majalah. Agar tampilannya tidak membosankan , orang tua sebaiknya melakukan rotasi untuk penataannya. Letakkan buku baru dibagian depan. Cara ini membantu anak untuk mengambil buku-buku yang belum pernah dibaca.

Lantai

Sebagai ruang baca, ciptakan lantai senyaman mungkin dan aman untuk anak. Bila perlu lapisi lantai dengan karpet atau puzzle karet ukuran besar supaya nyaman dipijak. Dengan pemasangan yang benar, anak tidak mudah terpeleset ketika berjalan.

Kursi

Agar anak tetap berada pada posisi bava yang baik, sediakan pula tempat duduk di area perpustakaan. Untuk ruang yang sempit, pemilik rumah dapat menempatkan kursi sesuai ukuran anak. Sedangkan untuk ruang yang cukup luas, tidak ada salahnya menggunakan kursi busa agar pembaca lebih nyaman.

Dekorasi

Sselain buku-buku, dekorasi atau pernak-pernik ruang juga diperlukan untuk membuat tampilan ruang lebih menarik. Jika masih terdapat dinding kosong dalam ruang tersebut, pemilik rumah dapat memanfaatkannya dengan menempelkan poster gambar yang bersifat edukasi. Sedangkan hiasan lain seperti globe, boneka, bingkai foto, maupun tanaman hias dapat diletakkan di atas rak buku.

Dengan tampilan serta kombinasi warna ruang, anak-anak akan lebih kerasan berlama-lama dalam perpustakaan tersebut. Kebiasaan membaca pun dapat menjadi rutinitas menyenangkan bagi mereka. Buku dapat membuat anak-anak merasa terhibur sekaligus mempelajari lingkungan mereka. (Suara Merdeka/5/5/2014)

Judul Artikel : Menciptakan Perpustakaan Rumah Untuk Anak

adsense-fallback