Mengembalikan Mewahnya Marmer dan Granit

adsense-fallback

Mengembalikan Mewahnya Marmer dan Granit

Material granit dan marmer memang selalu efektif dalam menciptakan kesan mewah pada ruangan. Tak heran, banyak orang yang begitu terpesona pada urat dan warnanya yang berkarakter. lnilah yang menjadi alasan penggunaan marmer dan granit sebagai pelapis lantai. Umumnya, granit dan marmer diaplikasikan pada ruangan atau area yang terbilang luas.  Sehingga, garis-garis urat yang memang menjadi ciri khasnya dapat terlihat dengan jelas.

gambar jenis marmer granit

Marmer atau pun granit memiliki daya tahan yang cukup baik. Namun, hal ini tidak lantas menjadikan kedua batu alam tersebut tahan terhadap serangan debu dan kotoran. Penggunaannya sebagai pelapis lantai menyebabkan marmer atau granit mudah kotor karena sering diinjak. Tak hanya kusam, marmer atau granit bisa jadi tak semengkilap sebelumnya.

adsense-fallback

Teknik pembersihan sederhana seperti menyapu dan mengepel belum tentu akan cukup efektif untuk mengembalikan kilap marmer dan granit. Dalam kasus seperti ini, Anda akan membutuhkan jasa poles lantai. Sebuah jasa poles lantai tentu memiliki peralatan yang tepa! untuk mengembalikan tampilan mewah lantai Anda. Tak hanya jadi bersih, lantai marmer ataupun granit Anda jadi lebih terawat.

Berikut ini detail pengerjaan poles lantai marmer dan granit.

  1. Clean and Throw.

Proses yang paling pertama adalah pengangkatan noda ataupun kotoran pada permukaan dan urat lantai dengan menggunakan cairan kimia khusus.

  1. Fill in the Holes.

Ada kalanya permukaan lantai marmer ataupun granit rusak sehingga berlubang. Lubang-lubang ini selanjutnya akan ditambal dengan campuran Miles-Resin Epoxy-Billingone yang telah disesuaikan dengan warna alami lantai.

  1. Reflat.

Setelah ditambal, permukaan lantai akan diratakan kembali dengan menggunakan alat diamond disk berdiameter besar. Diamond disk adalah lempengan batu poles bertekstur yang berfungsi untuk menghasilkan permukaan lantai marmer atau granit.

  1. Refine.

Selain meratakan permukaan lantai, diamond disk juga digunakan untuk menghilangkan goresan-goresan. Ukuran diamond disk disesuaikan dengan tingkat keparahan goresan.

  1. Recolor.

Permukaan marmer ataupun granit yang telah terkelupas dikembalikan lagi warna alaminya dengan menggunakan serbuk kimia yang aman bagi pori-pori batu alam.

  1. Crystallization.

Untuk menjaga kilap alaminya bertahan lama, permukaan lantai akan diberi lapisan kristal dengan menggunakan cairan crystal clear.

  1. Coating.

Terakhir, permukaan lantai akan diberi cairan coating khusus yangbertujuan untuk mencegah noda ataupun kotoran lainnya masuk kedalam pori-pori lantai.

Baca Juga :

Tips Merawat Garnit dan Marmer

  1. Ketika lantai marmer ataupun granit baru dipasang, tunggu 2 – 3 hari sebelum Anda memasang nat. Tujuannya agar kandungan air pada di bawah pelapis lantai benar-benar kering, sehingga tidak menimbulkan bercak coklat kehitaman di sekitar nat.
  2. Gunakan coating sebagai pelindung marmer ataupun granit, untuk mencegah lumut ataupun kotoran menempel pada permukaan lantai. Umumnya, coating harus diperbarui setelah 6 bulan.
  3. Bila ada minuman seperti kopi, teh, sirup, a tau pun minuman bersoda tumpah ke lantai, bersihkan sesegera mungkin, agar tidak muncul pada permukaan marmer ataupun granit.
  4. Bila Anda ingin membersihkan sendiri, jangan gunakan sembarang pembersih, karena dapat menimbulkan bercak putih pada lantai Anda. (NATHANIA HAPSARI/Idea)

adsense-fallback