Mengubah Dinding Cacat Jadi Memikat

adsense-fallback

Cara mudah atau cara kreatif yang Anda inginkan untuk menutupi dinding cacat? Keduanya sama menarik, namun yang kreatif lebih atraktif.

Olahan 3 dimensi pada dinding tak hanya untuk menutup dinding bermasalah. Tampilan unik dinding 3 dimensi juga bisa sengaja dibuat untuk menambah daya tarik.

Avi , seorang arsitek yang tinggal di Cibubur, Jawa Barat, membeli sebuah rumah yang kemudian ia renovasi. Sebelum merenovasi, Avi sempat mengeluhkan kualitas bangunan rumah yang dibuat pengembang. “Ada permukaan dinding yang tidak rata. Sudut-sudut pertemuan dinding juga tidak semuanya lurus.”

adsense-fallback

Karena renovasi yang ia lakukan hanya bersifat tambahan dan bujetnya pun sangat terbatas, kondisi dinding yang kurang memuaskan itu tidak ia perbaiki. Sebagai jalan keluarnya, arsitek ini melapisi dinding yang bergelombang dengan wallcover. Sementara sudut dinding yang tidak rata, ia biarkan seperti apa adanya.

Avi tidak sendirian. Sinta yang tinggal di Cempaka Putih juga punya masalah yang hampir sama. Permukaan dinding rumah Sinta mengalami bercak basah yang biasa disebut dinding ngompol. Problem ini umumnya muncul karena dinding yang belum kering sempurna sudah dicat. Karena Sinta sudah harus menempati rumah tersebut, ia mencari jalan keluar yang mudah dan cepat. “Saya tutupi saja dindingnya dengan lukisan besar,” cerita ibu muda ini.

Tukang yang kurang terlatih atau kurang bagus, seringkali hasil pekerjaannya tidak memuaskan. Salah satu dampaknya, seperti yang terdapat pada dinding rumah Avi dan Sinta. Orang yang ingin solusi cepat dan mudah, bisa menutupi kelemahan itu dengan cara seperti yang dilakukan kedua pemilik rumah ini.

Namun, sebenarnya masih banyak siasat kreatif yang dapat kita lakukan untuk menutupi ketidaksempurnaan atau kekurangan dinding. Contohnya, seperti yang dilakukan Aida Zuraida. Desainer interior yang tinggal di Bintaro, Tangerang, ini menutupi dinding yang kurang bagus di area living room-nya dengan susunan kayu jati bulat. Olahan kayu-kayu itu memberi tampilan dinding 3 dimensi yang unik dan atraktif!

Jika ingin tampilan yang berbeda, Anda dapat mendesain pelapis dinding 3 dimensi di ruang yang Anda sukai. Jadi pelapisan ini tidak melulu hanya digunakan untuk menutupi dinding yang bermasalah.

Selain kayu, kita bisa membuat pelapis dinding 3 dimensi dengan material lain, seperti batu alam, fabric, gipsum, GRC (Giassfibre Reinforced Cement), keramik, juga metal. Kuncinya adalah memainkan bentuk material tidak hanya berdasarkan panjang dan tinggi, tapi menambahkan unsur kedalaman, sehingga olahan material menjadi timbul.

Baca juga :

Manfaat Gipsum Untuk Dekorasi Dinding

Langkah-Langkah Mengecat Dinding Yang Benar dan Profesional

Mozaik Dekoratif Dinding

Satu hal yang tak boleh dilupakan, bahwa jenis dan warna material serta desain dan pola pemasangan akan menentukan hasil akhir tampilan pelapis dinding ini. Jika itu semua dapat teraplikasi dengan baik, maka dinding yang semula cacat akan tertutup pelapis dinding yang menarik. Ia bahkan bisa menjadi focal point, aksen, atau point of interest yang memberi nilai tambah pada hunian Anda. (dewi kartini/IO)

adsense-fallback