Tips & Panduan Merawat AC Secara Berkala

adsense-fallback

Agar ruangan tetap dingin   dan mesin AC tetap awet, ada baiknya Anda melakukan servis AC secara rutin.

Apakah ruangan ber-AC Anda kurang dingin lagi? Ataukah dengan suhu 20° C, ruangan Anda baru dingin dalam waktu sejam, padahal biasanya hanya membutuhkan setengah jam? lni tandanya AC Anda harus segera diservis.

“Untuk ruangan kamar, baiknya AC diservis 3 bulan sekali. Untuk kantor biasanya dilakukan servis 6 bulan sekali,” ujar Nasir Edo, salah satu pemilik jasa servis AC. “Kadang-kadang ada saja orang yang baru menservis AC- nya setelah setahun.

adsense-fallback

ltulah yang menyebabkan kerusakan pada AC,” tambah Edo. Menurut Edo, ada tanda-tanda bahwa AC sudah harus diservis. Selain kurang dinginnya ruangan, tetesan air yang keluar dari unit indoor juga bisa menjadi pertanda. “Karena pipa AC kotor, maka sistem pembuangan keluarnya akan tersumbat. ltulah menyebabkan kebocoran,” ujar Edo. “Ada 3 penyebab masalah kebocoran. Selain pipa dan saringannya yang kotor, ada juga karena kurangnya freon. Kurangnya freon akan menyebabkan udara dingin melewati pipa sehingga menyebabkan kebocoran. Yang terakhir adalah  bocor kronis. Masalah ini biasanya muncul di daerah pinggir pantai. Garam menyebabkan udara menjadi asin dan membuat evaporator pada AC berkarat dan bocor,” papar Edo.

Baca Juga :

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Cara mudah melihat freon AC yang kurang adalah dengan melihat pipa kecil yang tersambung pada kondensor AC. Bila sudah berbentuk es, berati Anda harus segera menambahkan freon pada AC. Selain dengan kasat mata, Anda juga dapat menggunakan alat pendeteksi kebocoran freon. “Tekanan freon pada AC idealnya 60 hingga 70psi. Bila tekanannya 30psi, maka harus segera ditambah. Kalau tidak, AC akan bocor. Bila sudah bocor, freon akan cepat habis dalam waktu seminggu,”ujar Edo.

Tak perlu menunggu air menetes ke lantai Anda, pencegahan dini baik dilakukan. Dengan melakukan servis 3 bulan sekali, Anda sudah menghindari AC Anda dari kerusakan. Tak hanya mencuci, ada baiknya Anda juga menambah freon pada AC Anda.

Untuk jasa pencucian, Edo mematok harga Rp 40 ribu. Untuk penambahan freon Rp 80 ribu, sedangkan pengisian penuh Rp 150 ribu. “Bila terjadi kerusakan yang parah dan harus membetulkan instalasi mesin AC, kami mematok harga Rp 350 ribu,” ujar Edo. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?

MENDETEKSI AC BERMASALAH

Cara praktis ini bisa menjadi pertanda apakah sudah waktunya Anda memanggil jasa servis AC. Letakkan tangan Anda di samping kondensor. Bila embusan udara dari kondensor hangat, lni tandanya mesin AC masih bekerja dengan baik. Bila udaranya tidak hangat atau netral, ini pertanda sudah waktunya Anda memanggil jasa servis AC.

MEMBERSIHKAN FILTER AC

Selain menggunakan jasa sevis AC, Anda juga dapat melakukan perawatan dini pada AC. Salah satunya dengan membersihkan filter AC. Cara ini sangat membantu evaporator pada AC mengeluarkan udara dingin pada ruangan. Berikut beberapa langkah mudah membersihkan filter AC.

  1. Buka penutup (cover) pada AC.
  2. Tarik filter AC dari wadahnya.
  3. Semprot filter dengan air keran, lalu keringkan.
  4. Pasang kembali filter pada wadahnya.
  5. Pasangan penutup dengan benar.

(RICHARD US SETIA GUNAWAN/Idea)

adsense-fallback