Merawat Motor Pengering Mesin Cuci

adsense-fallback

Merawat Motor Pengering Mesin Cuci

Rumahpantura.com – Saat musim hujan, keberadaan pengering pada mesin cuci sangatlah penting. Mengingat kondisi suhu udara yang lembab dan kurang mendapat panas matahari, membuat pakaian lama kering. Maka, motor spin atau pengering pakaian sangat membantu untuk mengeringkan.

 Pada mesin cuci dua tabung, terdapat dua ruangan terpisah dengan fungsi masing-masing. Mesin cuci jenis itu, cara kerjanya lebih sederhana dibanding mesin cuci satu tabung. Meski demikian, keduanya sama-sama butuh perawatan agar awet. Untuk menjaga mesin pengering awet dan dapat digunakan dengan baik, perlu melakukan langkah berikut.

adsense-fallback

 Perhatikan Beban

Pengguna sebaiknya memerhatikan beban yang dimasukkan ke dalam mesin spin.  Karena, kelebihan muatan umumnya menyebabkan kerusakan pada mesin cuci. Khususnya pada motor pengering. Usahakan tidak memaksakan semua cucian untuk masuk ke dalam tabung dalam jumlah banyak sekaligus, meski tujuannya demi menghemat listrik dan waktu. Hal itu justru membuat motor spin bekerja lebih berat karena kelebihan muatan. Maka, sebaiknya berikan sedikit ruang dalam tabung agar mesin lebih ringan berputar.

 Penyusunan Pakaian

Beberapa kasus kerusakan motor spin yaitu terbakarnya pengering akibat pakaian menghambat perputaran motor. Hal itu dapat terjadi karena pada tabung pengering terdapat sela sehingga memungkinkan kain terlempar dari sela tersebut. Untuk itu, perhatikan penyusunan pakaian sebelum dikeringkan. Usahakan pakaian berukuran kecil tidak terletak dibagian bawah atau berada di sela tersebut.

 Penyetelan Normal

Usahakan untuk mengatur mesin pada penyetelan normal. Tujuannya untuk mengatur perputaran mesin. Jika terdapaat beberapa tombol pengaturan untuk memsin pengering, sebaiknya sesuaikan pengaturannya dengan pakaian yang akan dikeringkan. Atur juga pemilihan waktu, program jenis kain, dan temperatur yang sesuai. Maka, baca petunjuk manual penggunaanna terlebih dahulu sebagai tindak preventif terhadap kerusakan.

 Perawatan

Perawatan yang baik juga menjadi kunci keawetan peralatan elektronik. Pada mesin pengering, pengguna hendaknya membersihkan serat-serat yang tertinggal di dalam tabung untuk mencegah penumpukan dibagian ventilasi.

 Usahakan pula untuk rutin mengecek elemen pemanas pada mesin pengering. Bersihkan elemen tersebut atau manfaatkan jasa perawatan rutin setiap enam bulan atau satu tahun sekali agar mesin mampu mengeringkan lebih cepat dan maksimal.

 Dengan pemakaian dan perawatan yang tepat, motor pengering pada akan terjaga keawetannya. Sehingga, saat musim hujan, alat itu mampu berfungsi dengan baik. (sm cetak)

Merawat Motor Pengering Mesin Cuci (Pdf)

adsense-fallback