Mozaik Dekoratif Dinding

adsense-fallback

Mozaik Dekoratif Dinding

Selain cat dan wallcover, keramik mozaik juga dapat menjadi alternatif pelapis dinding ruangan. Keramik mozaik masih banyak dicari. Motifnya unik dan beragam , mulai dari klasik, etnik, hingga modern futuristik. Materialnya juga variatif, ada logam, kaca serta perpaduan antara kaca dan batu  alam(granit/marmer).

Biasanya bagian bangungan dapat dilapisi keramik mozaik. Contohnya lantai, kolom, dinding, pintu, backdrop, plafon, hingga fasad. Dengan ukuran standar 30cmx30m, keramik ini ringan dan lentur degan ketebalan 14mm, 10mm, 8mm, hingga 4mm.

adsense-fallback

Agar pemasangan keramik lebih rapi, Anda perlu membuat moulding (tarikan) tali sebagai pembatas alur mozaik dengan paku kecil sehingga tidak merosot.

Sebelum memasang mozaik, pastikan dinding dalam kondisi rata. Gunakan waterpas untuk mengecek. Jika permukaan dinding sebelumnya dicat, Anda perlu mengerok dan mengelupasnya. Pasalnya, cat dapat memengaruhi day rekat semen dan mozaik.

Berikut panduan memasang keramik mozaik pada dinding.

Misalkan, luas bidang yang ingin Anda lapisi mozaik 1,5mmx3m. Mozaik yang Anda gunakan  dari VeNUS Cascara, pun ternyata Anda belum memiliki trowel.

Bahan :

  1. 1 bh trowel
  2. 2box keramik VeNUS Cascara (2×22 lbr)
  3. 6 lembar keramik Cascara
  4. 1sak MU400
  5. 15kg semen naad

Langkah-langkah Pengerjaan :

Dalam langkah ini, yang harus diperhatikan adalah permukaan dinding dalam kondisi kering, kuat, dan bebas dari debu agar material merekat sempurna.

  1. Bersihkan permukaan dinding yang akan dipasang mozaik. Jika masih ada bekas jalur kabel, kawat, lepaskan dengan tang. Pastikan tidak ada sisa material yang menempel.
  2. Aplikasikan semen perekat instan pada dinding yang telah diplester.
  3. Susun mozaik di atas perekat yang masih basah, tekan hingga menempel kuat.
  4. Lepaskan segel plastik yang melekat di mozaik. Diamkan selama 1-2hari hingga perekat benar-benar kering.
  5. Cek sekali lagi. Bersihkan mozaik dari debu dan minyak, terutama pada baigan celah-celah antarmozaik.
  6. Aplikaksikan grout pada celah naat, lalu tekan.
  7. Bersihkan segera sisa grout yang menempel pada permukaan mozaik dengan spons dan air, maksimal 2 jam setelah dipasang.
  8. Diamkan kembali 1-2 hari hingga grout mengering, lalu bersihkan.
  9. Dnding Anda sudah memiliki tampilan yang berbeda.

adsense-fallback