Nyamannya Sofa yang Bersih

Nonton TV, membaca, santai, dan bercengkrama, semua dilakukan di atas sofa. Jika sofa bersih, kenyamanan rumah akan terjaga.

Selama bertahun-tahun, sofa dengan setia menjadi bagian dari rumah Anda. Di atas sofa anggota keluarga duduk bersantai dan bercengkrama, juga menikmati kudapan sambil menonton TV. Kadang-kadang, sofa juga menjadi ranjang darurat saat kerabat jauh datang bermalam.

Wajar saja, setelah sekian tahun tampilan sofa menjadi kusam dan kotor. Demi tampilan yang lebih enak dilihat, juga kesehatan seluruh anggota keluarga, sudah saatnya sofa Anda dicuci. Jika Anda tak yakin mampu mencucinya sendiri, serahkan saja kepada jasa pencucian sofa. Tinggal angkat telepon, pencuci sofa akan datang ke rumah.

adsense-fallback

Sofa bisa dibawa ke workshop untuk dicuci di sana, bisa juga dikerjakan langsung di rumah. Jika pekerjaan akan dilakukan di rumah, harus tersedia 3 syarat: air bersih, listrik, dan tempat terbuka untuk melakukan proses pencucian dan penjemuran.

Dalam melakukan pekerjaannya, pencuci sofa membekali diri mereka dengan beberapa jenis sikat, sabun dan pewangi khusus, serta vacuum cleaner. Jangan heran jika Anda melihat sikat gigi dalam deretan alat yang disiapkan. Karena sikat berkepala lembut sampai kasar memang harus tersedia, untuk mengantisipasi jenis kain dan noda yang harus ditangani.

Kuman Tersembunyi dalam Sofa

  1. Pseudomonas non aureus. Bakteri yang biasa ditemukan di kolam air panas dan mendapat makanan dari darah.
  2. Acinetobacter schindleri. Dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa seseorang jika menyerang sistem kekebalan tubuh.
  3. Jamur Aspergillus versicolor. Jika sistem kekebalan tubuh buruk, Aspergillus dapat menyerang paru-paru dan berkembang biak.
  4. Sphingomonas sp. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini dapat diobati antibiotik. Tingkat normal untuk Sphingomonas adalah sekitar 250 koloni.

 Baca juga : Tips Memilih sofa dan Kain Pelapis sofa serta perawatannya

Berikut langkah & tips pengerjaan saat mencuci sofa :

  1. Sofa disiram dengan air secukupnya dan dibiarkan beberapa saat agar air beradaptasi dengan kain dan busa sofa.
  2. Permukaan sofa disikat pelan-pelan, sambil diaplikasikan sabun khusus, kemudian dibasahi kembali dengan air secukupnya.
  3. Bagian-bagian yang masih bernoda, ditetesi dengan cairan penghilang noda, sambil disikat hingga noda benar-benar hilang. Sofa dibasahi kembali sampai busanya habis.
  4. Selanjutnya pewangi disemprotkan ke atas permukaan sofa, dan diakhiri dengan penyedotan air yang masih tersisa dengan vacuum cleaner.
  5. Jika perlu, sofa bisa dijemur sampai benar-benar kering.

Untuk sofa yang dilapis kulit asli, karena harganya yang sangat mahal, ditangani dengan sangat hati-hati. Cairan kimia yang digunakan berbeda, dan prosesnya pun tidak menggunakan air.

baca juga : Cara Merawat Sofa Kulit dan Kain

Berikut ini tahap-tahap pelaksanaan membersihkan sofa yang dilapisi kulit asli :

#1. Tes warna.

Tujuannya untuk mengetahui apakah warna kulit sofa bisa luntur atau tidak. Cara pengecekan dengan mengaplikasikan cairan khusus di permukaan kulit sofa.

#2. Pengecekan kondisi

Memastikan bahwa kondisi sofa bisa dibersihkan dengan alat-alat yang dimiliki dan tersedia dari jasa pembersihan. Jika tidak, maka proses pembersihan tidak dapat dilakukan.

#3. Dry foam

Dry foam diaplikasikan dengan sikat putar khusus untuk melepaskan kotoran yang menempel dan menghilangkan noda.

#4. Lotion

Setelah sofa kering dan bersih, lotion khusus diaplikasikan untuk melembapkan dan mencegah retak pada bahan kulit. (DEWI KARTINI/Idea)

adsense-fallback