Panduan Agar kamar Tidur Lebih Nyaman

adsense-fallback

Kami bantu Anda tidur nyenyak di kamar cantik dengan 6 langkah sederhana ini.

Sebagian besar waktu kita dihabiskan di kamar tidur. Itu mengapa kamar tidur seharusnya menjadi prioritas dalam daftar penataan ulang di rumah mungil. Tentu menyenangkan beristirahat dan tidur nyenyak di kamar yang di desain dengan baik. Berikut 6 rahasia agar kamar tidur lebih nyaman.

adsense-fallback

1. Rencanakan Dengan baik

Setiap orang punya kebutuhan dan kegiatan yang berbeda di kamar tidur. Ada yang butuh TV untuk hiburan, ada pula yang menjadikan kamar tidur hanya tempat untuk istirahat. Tak perlu TV di situ. Tidak sedikit bahkan yang menjadikan kamar tidur sebagai ruang kerja. Catat segala kegiatan yang biasa kita lakukan dan mungkin akan Anda lakukan di kamar tidur.

2. Kebutuhan Listrik

Sebelum merenovasi, catat lengkap aktivitas kita di kamar yang berkaitan dengan peralatan listrik. Mungkin kita ingin menjadikan kamar tidur sebagai ruang hiburan dengan menempatkan home theatre. Atau kita biasa menggunakan komputer, pengering rambut, dan AC untuk kamar tidur.

Minta banuan kontraktor kita untuk memasang outlet (stop kontak) yang cukup untuk seluruh kebutuhan tersebut. Ini untuk mencegah kabel berantakan dan banyak percabangan listrik. Buat grup 9rangkaian listrik) tersendiri untuk kamar tidur. Terpisah dengan ruang lainnya. Hal ini untuk memudahkan dalam maintenance dan mencegah korsleting.

3. Tata Cahaya Memadai

General lighting saja tak cukup. Kita butuh task lighting untuk kamar tidur. Task lighting memberi pencahayaan pada area tertentu untuk kegiatan yang spesifik.  Contohnya lampu baca. Kita bisa menempatkannya di sisi headboard, meja kerja, atau di atas side table. Kita tak akan mengganggu pasangan yang sedang beristriahat ketika kita membaca atau bekerja. Gunakan dimmer untuk mengatur terang gelap cahaya lampu di kamar tidur. Hal ini untuk mengatur suasana sesuai kegiatan, sekaligus menghemat listrik.

4. Penempatan Ranjang

Rencanakan dengan baik penempatan tempat tidur. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi sirkulasi di kamar tidur. Apalagi untuk kamar berukuran kecil. Ukuran tempat tidur single 100 cm x 200 cm, Double 180 cm x 200 cm, dan king size 200 cm x 200 cm. Agar nyaman beraktivitas, setidaknya ada ruang selebar 90 cm untuk sirkulasi di sisi tempat tidur. Pilih bagian paling menarik dari kamar Anda sebagai orientasi dari tempat tidur.

baca Juga :

5. Pengudaraan yang Baik

Setidaknya ada bukaan seluas 20% dari luas kamar agar tercipta pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik di kamar tidur. Jika belum tercukupi, perlebar bukaan di kamar tidur. Gunakan window blind untuk menghalau slau di siang hari. Penempatan tanaman di ruang tidur kita cukup membantu memperbaiki kualitas udara di kamar.

Selain itu, tanaman juga berfungsi sebagai elemen dekoratif . tempatkan tanaman di dekat jendela sehingga mendapat cukup matahari. Pilih jenis tanaman hias indoor seperti aglaonema atau sanseivieria.

6.Kombinasi Warna

Ciptakan focal point dengan memberi warna kuat pada salah satu dinding kamar. Aplikasinya bisa lewat cat atau wallpaper.untuk keseluruhan kamar, warna dinding seperti biru langit, atau warna putih yang netral sangat baik untuk untuk membangun suasana rileks.

Hindari warna panas seperti merah atau jingga yang justru akan membuat kita merasa tak nyaman. Kamar berukuran kecil sangat tepat diberi warna terang sehingga tepat diberi warna terang sehingga terkesan luas. Untuk kamar dengan ukuran besar atau ceiling yang tinggi. Pemilihan warna gelap baik untuk membangun suasana intim. (Tigor/Idra/Dok Renovasi)

Galeri kamar Tidur Nyaman Untuk Keluarga

adsense-fallback