Panduan Membeli Rumah Over Kredit

adsense-fallback

Membeli Rumah Over Kredit

RumahPantura.com – Mencari rumah over kredit memang tidak semudah kredit rumah baru. Pembelian rumah dengan cara over kredit memiliki keuntungan karena masa cicilan yang lebih singkat. Meski begitu ada juga yang menilainya lebih ribet. Karena itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tak merugi nantinya

baca : Tips Aman Melakukan Over Kredit KPR

adsense-fallback

1. Cek Harga total

Hitung dengan cermat harga total bangunan. Meliputi harga yang harus dibayar ke penjual dan sisa kredit yang harus Anda bayar. Jangan sampai harga yang dipatok terlalu mahal atau tidak sesuai denan spesifikasi rumah yang dijual

2. Cek Kelancaran Kredit

Pastikan riwayat kredit tidak bermasalah. Sehingga tidak ada kesulitan yang akan Anda tanggung di kemudian hari. Untuk memastikannya Anda perlu meminta bantuan petugas bank yang terpercaya. Kalau perlu, mintalah laporan angsuran rumah secara rinci yang sudah dibayarkan ke bank.

3. Cek Legalitas Dokumen

Pastikan semua surat rumah lengkap dan tidak bermasalah. Pastikan penjual adalah pemilik sah rumah tersebut. Mintalah bantuan notaris untuk melakukan cek dan cek ulang. Dengan cara ini, Anda bisa lebih yakin jika dokumen rumah lengkap dan tidak dalam sengketa.

4. Cek Kondisi Rumah

Hampir sama seperti membeli rumah seken, lihat kondisi rumah secara teliti. Cek jika perlu perbaikan. Hitung biaya perbaikan dengan cermat. Jangan sampai biaya perbaikan terlalu tinggi sehingga total rumah menjadi mahal.

5. Pengalihan Di Depan Notaris

Lakukan jual beli di depan notaris, ini meliputi pengalihan hak atas tanah dan bangunan, sekaligus dengan surat kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan surat kuasa untuk mengambil sertifikat . setelah itu baru hubungi bank pemberi kredit, sehingga bank tidak perlu menghitung ulang kredit baru yang harus dibayar. Proses ini lebih murah dibandingkan over kredit di bank.

6. Mengalihkan Kredit Ke Bank lain

Jika tak cocok dengan bank pemberi kredit, Anda bisa mengalihkan ke bank yang lebih Anda percaya. Pada dasarnya sama dengan KPR biasa. Anda tak perlu menyiapkan dana tunai yang besar karena ada fasilitas kredit dari bank baru. Anda juga lebih bebas menentukan jangka waktu dan besar pinjaman sesuai kemampuan Anda.

adsense-fallback