Panduan Menata  Dapur Yang Menyenangkan

adsense-fallback

7 langkah yang memudahkan kita menata dapur nyaman di rumah mungil.

gambar gambar model dapur minimalis

Penataan dapur di rumah mungil memerlukan perhatian khusus. Tentu penataan bukan sekadar mengganti kabinet atau memasang kompor. Penataan juga menyangkut organisasi alur kegiatan: mencuci, meracik, dan memasak. Proses kerja itu perlu diwadahi dalam sebuah rancangan kreatif. Agar penataan dapur maksimal, cek 7 hal berikut!

# 1. Alur Segitiga Kegiatan

adsense-fallback

Setidaknya ada 3 alur kegiatan yang wajib ada di dapur. Yakni, mencuci,  meracik, dan memasak. Masing-masing kegiatan tersebut saling terkait dan terhubung satu sama lain. Biasanya, hubungan kegiatan membentuk alur segitiga. Alur tersebut bertujuan untuk mempermudah urutan kegiatan. Alur segitiga tentu saja mempermudah penempatan perabot. Misalnya sink, meja racik, serta kompor.

baca Juga : 6 Cara Hemat Merenovasi Dapur Anda

SaatAnda ingin memasak sayur bayam, maka Anda akan memulai dengan mencuci sayuran, lalu memotongnya, kemudian sayuran yang telah diracik dimasukan ke dalam panci untuk direbus.

#2. Bentuk Kabinet

Kebinet dapur dibagi 2. Bagian atas biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan bahan makanan dan peralatan untuk masak dan makan. Sedangkan bagian bawah, kabinet digunakan untuk menyimpan peralatan masak dan penempatan tabung gas.

Dari 2 bagian kebinet itu, Anda bisa merancang bentuk dapur sesuai kebutuhan dan selera. Ada yang menggunakan bentuk single line, double line. Ada pula bentuk yang menyerupai huruf “L”, “U”, dan island. Pilihan desain tentu saja berdasar dari kondisi dan luas ruangan.

#3. Pemilihan Perabot

Perabot berguna untuk mendukung kegiatan di dapur. Jenisnya macam-macam. Sebut misalnya, kompor, blender, microwave, dan kulkas. Namun sebelum Anda menentukan jenis perabot tentukan kebutuhan yang utama. Apakah memang microwave diperlukan, sementara Anda jarang menggunakan. Pertimbangan lain untuk memilih perabot adalah konsumsi listrik. Pilih yang daya listriknya rendah.

#4. Jalan Udara

Dapur yang sejuk biasanya memiliki jendela yang cukup besar. Jendela menjadi jalan udara dan cahaya. Sinar matahari bukan hanya menerangi ruangan, namun juga membuat kondisi udara menjadi lebih segar. Jendela juga menjadi jalan keluar aroma yang berasal dari masakan. Selain jendela, aroma masakan dapat disedot dengan cookerhood yang menempel di kabinet dapur.

baca Juga : Bikin Dapur Tetap Kinclong

#5. Sumber Cahaya

Ada 2 sumber cahaya: matahari dan lampu. Untuk memudahkan sinar matahari masuk, Anda perlu membuat jendela cukup besar. Letaknya tidak langsung ke area kompor. Anda dapat menempatkan jendela di atas sink. Di siang hari, sinar matahari akan membuat dapur menjadi terang. Sinar tersebut juga dapat membuat sink kering setelah digunakan.

#6. Suplai Air Bersih

lnstalasi air bersih tak kalah penting saat merenovasi dapur. Anda perlu membuat jalur pipa yang langsung menuju sink. Boleh saja, Anda menggunakan suplai air dingin dan panas. Biasanya air panas digunakan untuk mencucl sayuran atau membersihkan noda yang melekat pada peralatan memasak.

#7. Air Buangan Lancar

lnstalasi air buangan memerlukan perhatian khusus. Selain bentuk pipa, bahan pun harus kuat. Pipa jenis P-Trap (pipa leher angsa dengan perangkap) membuat air buangan menjadi lancar tanpa meninggalkan endapan dari si sa makanan. P-Trap selalu terisi air. ltulah yang menutup jalan masuk serangga dan bau kotoran sisa makanan dari saluran pembuangan utama. (INDRA/Idea)

adsense-fallback