Panduan Menata Ulang Kamar Mandi

Pastikan 5 saran praktis ini memudahkan Anda menata ulang kamar mandi agar lebih menyegarkan.

Jika Kamar Mandi Mungil Kita sudah membosankan, pikirkan untuk melakukan penataan ulang. Mungkin sekadar mengganti saniter yang rusak. Mengganti dinding yang kusam. Atau boleh juga menata total seluruh kamar mandi.

gambar keramik kamar mandi

baca Juga : Kran Air Percantik Kamar Mandi

adsense-fallback

Berikut 5 saran yang membantu Anda memulai renovasi kamar mandi.

# 1. Kegiatan Mandi

Tentukan cara mandi kita. Apakah kita mandi dengan cara berendam, atau cukup menggunakan shower. Kejelasan cara mandi akan menentukan ukuran dan kebutuhan saniter yang Anda butuhkan. Catatlah kebiasan kita yang lain, di samping cara mandi.

Selain itu, apakah kita tipe orang yang membaca meski sedang berada di toilet. Jika demikian, kita memerlukan serangkaian rak buku atau majalah yang mudah dijangkau.

# 2. Saniter yang Anda Perlukan

Biasanya saniter yang ada di kamar mandi meliputi 3 hal. Pertama area mandi dengan pilihan bathtub dan shower box. Kedua, membuang hajat yakni kloset. Dan ketiga area perawatan tubuh sepeti wastafel yang dilengkapi cermin . Masing-masing saniter dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Jika memang yang Anda perlukan adalah bathtub, buat apa Anda membeli shower box. Dengan begitu, dana untuk membeli shower box dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain. Misalnya membeli kloset atau wastafel.

# 3. Air Panas atau Dingin?

Air untuk mandi umumnya adem dan dingin. Sumber air tersebut berasal dari tanah yang disedot dengan mesin pompa dan suplai dari perusahaan PAM. Selain air dingin, ada juga air hangat hingga panas. Air ini dimasak dalam alat pemanas khusus (heater) yang digerangkan oJeh listrik. Heater tersebut  tidak bisa menggunakan pipa sembarang. Pipa harus tahan panas dan andal menerima tekanan air.

#4. Rak Handuk

Sekarang ini, rak untuk kamar mandi sangat diperlukan. Rak untuk menyimpan peralatan dan kelengkapan mandi. Misalnya barangbarang yang belum digunakan, seperti sikat gigi, odol, sabun, sampo, dsb. Selain itu, handuk, keset, dan peralatan pembersih kamar mandi.

Rak dapat dipasang menggantung pada tembok, dekat area wastafel. Pilihan lainnya adalah ditempatkan pada kolong meja wastafel, mirip kabinet rak pada meja dapur. Rak dapat dipasang pintu atau terbuka.

#5.AksesoriPendukung

Untuk mempercantik kamar mandi, Anda memerlukan aksesori. Bentuknya macam-macam. Mulai hiasan dinding, meja, dan plafon. Sebut misalnya, jam dinding, alat timbangan, foto, lukisan, atau benda seni lain.

Tempatkan aksesori jauh dari sumber air. Misalnya, tempatkan aksesori pada dinding kloset, wastafel, atau pintu masuk. Tujuan aksesori memperindah tampilan kamar mandi. (INDRA/Idea)

 

adsense-fallback