Penanganan 4 Masalah Umum Dinding

adsense-fallback

Penanganan 4 Masalah Umum Dinding. Ada beberapa permasalahan paling umum yang kerap terjadi pada dinding di rumah kita seperti cat pada dinding yang mengelupas, dinding yang dicoret-coret, banyaknya bekas paku pada dinding, sudut dinding yang mengalami kerusakan. Dengan memahami permasalahan-permasalah ini diharapkan Anda tidak akan panik jika suatu saat Anda mengalaminya dan diharapkan Anda bisa langsung memperbaiki permasalahan yang timbul tanpa harus meminta bantuan dan  menunggu tukang datang ke rumah Anda.

Empat masalah paling umum yang kerap terjadi pada dinding. Dengan memahami ini, Anda tak perlu lagi panik karena Anda bisa langsung membetulkannya begitu masalah muncul.

adsense-fallback

Berikut penanganan terhadap 4 masalah umum yang sering terjadi pada dinding di rumah :

Bekas paku pada dinding

Bekas paku pada dinding tidak hanya menyebabkan cat terkelupas namun juga menyebabkan timbulnya lubang yang kurang enak dipandang mata. Hal ini terlihat seolah dinding berjerawat dan mengganggu pemandangan.untuk menangani permasalahan ini Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini:

Untuk lubang kecil, Anda bisa menggunakan dempul tembok yang banyak dijual di toko bangunan. Pertama Anda bersihkan terlebih dahulu lubang dari kotoran/pasir kemudian masukkan dempul ke lubang paku tersebut hingga tertutup rapi. Setelah kering amplaslah kemudian cat dengan warna yang senada dengan area sekitarnya.

Jika lubang bekas paku pada dinding berukuran besar, Anda perlu menyiapkan adukan kombinasi antara semen dan pasir. Setelah lubang dibersihkan, basahi lubang tersebut, kemudian adukan pasir dan semen yang telah diberi air dimasukkan ke rongga lubang. Setelah kering, lubang yang telah tertutup tadi diberi polesan semen. Semen yang telah diberi air secukupnya dioleskan secara tipis dan merata. Setelah kering lakukan pengecatan.

baca juga :

Dan jika dinding yang ada lubang paku  menggunakan wallpaper, Anda perlu menutup dempulan yang telah diampelas dengan wallpaper yang serupa. Perhatikanlah sambungan antara lembaran-lembaran wallpaper, dan rekatkan sesuai alur motifnya dengan perekat khusus

Untuk mengatasi lubang di dinding akibat bekas paku Anda juga bisa menggunakan  alkali atau wall sealer kemudian tutup dengan pisau dempul dan tunggu hingga kering. Setelah kering, Anda bisa melapisinya lagi dengan alkali dan melakukan pengecatan ulang.

Cat Dinding mengelupas

Untuk penangan cat yang mengelupas, Anda bisa merujuk pada artikel sebelumnya Tips Memperbaiki Cat Yang mengelupas .

Cat dinding terkelupas terjadi bisa karena kondisi dinding yang lembab akibat rembesan air dari talang akibat  konstruksi yang kurang baik, atau kondisi tembok yang bersebelahan dengan taman. Kandungan air tanah yang tinggi di taman akan merambat naik pada pori-pori dinding sehingga dinding selalu basah. Atau disebabkan akibat  proses pengerjaan dinding yang kurang baik.

Komposisi campuran semen dan pasir yang kurang pas atau akibat proses pengeringan dinding yang tidak sempurna, sehingga tembok masih mengandung garam alkali yang tinggi. Jika ini terjadi memang cukup menyulitkan karena kita harus merenovasi ulang tembok rumah karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

Cat Mengelupas tapi jika kondisi tembok sudah cukup baik, kemungkinan yang lain adalah pada saat proses pengecatannya.

Beerikut solusi mengatasi cat dinding yang mengelupas:

  • Memperbaiki sumber kebocoran, agar air tidak merembes ke dinding
  • Mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaan, kemudian bersihkan permukaan dari debu dan kotoran, baru kemudian melapisinya dengan cat dasar atau alkali primer, biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna.
  • Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dimana daya rekat dan elastisitasnya baik, sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan. Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic terutama untuk dinding luar. Dalam pengecatan biarkanlah lapisan awal mengering sempurna baru aplikasikan lapisan yang kedua dan seterusnya.
  • Menggunakan cat tembok dengan kualitas rendah memang harganya murah, tetapi jika dibandingkan dengan penggunaan cat tembok bermutu tinggi, maka selain daya rekatnya lebih baik, daya sebarnya lebih luas dan warnanya tidak mudah pudar serta tidak mengelupas asal diaplikasikan dengan cara yang benar.

Sudut Dinding Rusak

sudut dinding seyogyanya dilapisi dengan bahan logam, baik menggunakan  alumunium atau besi. Hal ini beretujuan  untuk mempermudah perbaikan, dan jika sudah terlanjur (sudut dinding tembok Anda rusak), Anda dapat menutupnya dengan bahan logam. Kemudian tutup logam tersebut dengan wallpaper dinding.

Pada sudut logam yang rusak (penyok), Anda hanya tinggal mengetuknya dengan palu untuk mengembalikan ke bentuk semula. Setelah itu, beri lapisan wallpapper baru.

Coretan Di Dinding

Untuk mengatasi coretan-coretan pada dinding yang biasanya diakibatkan oleh ulah anak kita Anda bisa menggunakan Clean Magic Eraser. Caranya siapkan clean magic eraser kemudian celupkan ke dalam air hangat, dan hapus noda tersebut. Jika tetap tak bisa hilang, berarti tak ada cara lain selain melakukan pengecatan ulang. baca juga : Biarkan Anak Menggambari Dinding

Penanganan 4 Masalah Umum Dinding

adsense-fallback