Pengaruh Warna Kamar terhadap Perilaku Anak

adsense-fallback

Pengaruh Warna Kamar terhadap Perilaku Anak

Perkembangan seorang anak secara positif bisa dibantu melalui penataan kamar anak, asal direncanakan dengan cermat.

Jika pada orang dewasa warna mempengaruhi mood pada suatu waktu, pada anak-anak warna mempengaruhi pembentukan kepribadian yang sifatnya lebih permanen.

adsense-fallback

Menurut Julia Cecilia (desainer interior), kamar anak sebaiknya berwarna, karena warna akan merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Secara umum, masih menurut Julia, warna yang cerah akan merangsang tingkah laku aktif, sementara warna pastel (terang, polos) bersifat menenangkan. Ingatlah bahwa efek awal dari warna berbeda dibandingkan efek ketika anak Anda telah berada di ruang itu dalam jangka waktu yang lama.

Saat memilih perabot, warna, atau motif, pilihlah terlebih dahulu 2 atau 3 alternatif yang sesuai dengan selera Anda. Kemudian, biarkan anak Anda memilih dari alternatif tersebut. Dengan cara ini si anak tetap merasa didengar aspirasinya.

Inilah beberapa warna yang jika diterapkan pada kamar anak bisa memberikan pengaruh tertentu pada prilaku anak:

  • Ruang yang dibanjiri warna terang akan merangsang secara berlebihan dan menyebabkan anak hiperaktif, walaupun anak tersebut akan tenang kembali setelah beberapa saat.
  • Kebanyakan warna pastel akan menyebabkan kelesuan dan kehabisan energi, dan kemudian membuat anak gelisah dan lekas marah.
  • Terlalu banyak putih atau biru pucat memberikan rasa tidak aman dan takut
  • Terlalu banyak hitam akan menimbulkan perasaan tertekan. (Tabloid Rumah)

Judul Artikel : Pengaruh Warna Kamar terhadap Perilaku Anak

adsense-fallback