Pilih Batako atau Batu Bata Untuk Dinding Rumah

adsense-fallback

Rumah Pantura – Pilih batako atau batu bata kah untuk dinding rumah? Apa sih kelebihan dan kelamahan dinding menggunakan batako? Yah, inilah beberapa hal yang sering ditanyakan ketika Anda memutuskan bahan material yang ingin dipakai untuk dinding rumah Anda. Sebenarnya Anda dapat menggunakan berbagai material bahan untuk dijadikan dinding rumah seperti seperti batu bata, papan kayu, dinding beton bertulang, batako, selkon dan sebagainya. Dari berbagai jenis bahan untuk material dinding tersebut, ada dua bahan yang sering dan umum digunakan untuk dinding yakni batu bata dan batako. Kedua bahan tersebut sejatinya memiliki kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya.

Batako

Batako merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir, semen yang dicetak atau dipres padat, selain itu batako juga dapat dibuat dari bahan batu tras, kapur dan air, batako dipasaran memiliki ukuran tebal 8 cm sampai dengan 10 cm, panjang 36 cm sampai 40 cm, dan memiliki tinggi 18 cm sampai 20 cm.

Batako umumnya sering digunakan oleh pengembang perumahan ketika membangun rumah meskipun ada juga masyarakat biasa yang menggunakan bahan dari batako untuk dindingnya, biasanya dapat dijumpai di kota-kota besar yang jauh dari pengrajin batu bata.

adsense-fallback

Kelebihan batako untuk dinding rumah

  • Kedap terhadap air sehingga bagus untuk material dinding rumah
  • Pemasangan lebih cepat dari batu bata sehingga menghemat biaya pekerjaan

Kekurangan dinding batako untuk dinding rumah

  • Dinding yang menggunakan batako lebih mudah retak
  • Dinding rumah mudah dilubangi jika lubang pada bagian dalam batako tidak diisi dengan adukan spesi

Batu bata

Batu bata adalah salah satu material bangunan yang terbuat dari tanah yang dibuat dengan cetakan yang kemudian dilakukan proses pembakaran dengan suhu tinggi sampai tanah tersebut benar-benar kering dan matang serta berubah warna menjadi kemerah-merahan. Jenis tanah yang digunakan untuk membuat batu bata memiliki ciri-ciri tanah yang mengandung pasir dan berlemak.

Dipasaran batu bata memiliki ukuran tebal sekitar 3 cm – 5 cm, ukuran lebar 7 cm – 11 cm, dengan panjang bata antara 17 cm – 22 cm

Kelebihan batu bata sebagai material dinding rumah

  • Batu bata dapat menahan rembesan air karena bersifat kedap air.
  • Dinding tidak mudah retak. Pemasangan batu bata merah dengan baik dapat menghindari keretakan dinding kecuali struktur rumah tidak mampu bekerja dengan baik.
  • Memiliki waktu ketahanan yang lama dan kuat.

Kekurangan dinding batu bata sebagai material dinding rumah

  • proses pemasangan batu bata membutuhkan waktu yang lebih lama bila dibandingkan batako.
  • Biaya pekerjaan pemasangan dinding batu bata lebih tinggi jika dibanding dengan dinding batako.

-Pilih Batako atau Batu Bata Untuk Dinding Rumah

adsense-fallback