Pilih Cat Oplos atau Cat Ready

Pilih Cat Oplos atau Cat Ready

Merasa tidak cocok dengan pilhan warna cat yang ada? Saatnya memilih cat oplos. Berkat teknologi tinting, ribuan warna kini hadir memenuhi kebutuhan Anda.

Ingin menyesuaikan warna cat dinding dengan warna gorden atau sofa, kini tak lagi jadi masalah. Beberapa produsen cat seperti Danapaint dan pacific paint, ramai-ramai menghadirkan teknologi sistem tinting lebih dari satu dekade yang lalu.

adsense-fallback

Teknologi yang dikenal dengan nama oplos ini mengombinasikan warna-warna biang yang ada untuk menciptakan warna sesuai dengan keinginan konsumen.

Tak hanya konsumen yang mendapat keuntungan denan hadirnya cat oplos, produsen dan toko bangunan pun merasakan dampaknya. “toko bangunan kini tak lagi perlu menyimpan banyak stok, cukup beberapa cat dasar. Untuk pembuatan warna tinggal menggunakan mesin oplos.

baca juga :

Dibuat  dari warna utama

Dari manakah cart ini berasal? Jawabannya adalah dari warna-warna utama yang digabungkan, Anda cukup memilih warna yang dinginkan dari colour wheel yang tersedia, kemudian dengan sistem komputerisasi, formula warna utama bagi warna yang dipilih akan keluar.

Berdasarkan formula tersebut, petugas akan memberikan pigmen warna utama yang tersimpan di dalam mesin tinting ke dalam kaleng berisi cat putih. Kaleng ini kemudian dimasukkan ke dalam mesin pengaduk (shaker) dan cat oplosan siap di bawa pulang.

Anda dapat membeli cat oplos dalam jumlah kecil, minimal 1 liter . jika ingin membeli cat dengan warna senada dengan gorden atau sofa, cukup bawa sampel kain atau sofa Anda, beberapa produsen cat menyediakan alat untuk men-scan warna tersebut. Setelah mendapat warna idaman Anda, jangan lupa untuk mencatat kode dan kombinasinya sehingga ketika ingin membelinya lagi, Anda tak perlu berkutat dengan ribuan warna pada katalog.

Kenali Kualitas Cat

Baik cat oplos maupun ready tidak memiliki perbedaan dalam kualitas. Namun, kita perlu tahu bagaimana cara membedakan car denan kualitas tinggi atau rendah. Cat yang bermutu bagus mengandung banyak bahan pengikat. Ada satu cara sederhana yang digunakan untuk melihat kadar bahan pengikat pada cat, yaitu dengan meneteskan cat ke jari telunjuk atau jempol, lalu rekatkan jari tersebut satu sama lain. Jika terasa agak lengket berarti cat mengandung banyak bahan pengikat. Jika jari langsung lepas dengan mudah berarti cat memiliki kadar pengikat yang rendah. (Gusti Ayu Made Maharani/ Serial Rumah)

Perbedaan Cat Oplos vs Cat Ready

Indikator Cat Oplos Cat Ready
Proses Membutuhkan waktu lebih dalam proses karena cat harus dikocok terlebih dahulu pada mesin shaker sekitar 3 menit. Tidak membutuhkan waktu lebih karena cat sudah siap untuk dibawa pulang.
Ketersediaan Cat oplosan hanya tersedia di toko bangunan besar atau supermarket bahan bangunan. Apabila ingin membeli cat dengan warna yang sama dikemudian hari, Anda harus mengingat nomor warnna dan formula yang dibutuhkan untuk menciptakan warna tersebut. Tersedianya di hampir seluruh toko bangunan dengan pilihan warna-warna yang cenderung stabil
Harga Rata-rata harga cat oplos sama hingga 10% lebih mahal dibanding cat ready, tergantung dari pemiliha warnanya. Harga akan semakin mahal untuk cat yang berwarna gelap. Harga lebih terjangkau
Pilihan Warna Pilihan warn lengkap hingga ribuan warna sehingga dapat disesuaikan dengan ornamen lain di dalam ruang. Pilihan warna terbatas, berkisar antara 30-50 warna.

 

adsense-fallback