Redam Suara Bising Dengan Dinding Gipsum

adsense-fallback

Redam Suara Bising Dengan Dinding Gipsum

Rumahpantura.com – Mengolah dinding dengan gipsum, selain tampilannya yang lebih rapi, suara bising pun dapat diredam. Untuk mendapatkan privasi pada suatu ruangan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat ruangan menjadi kedap suara. Ruang kedap suara atau disebut juga dengan ruangan berinsulin suara biasanya diaplikasikan pada area privat di rumah, seperti area kamar tidur, ruang kerja, ruang keluarga, atau pun area yang mengeluarkan suara bising seperti musik dan ruangan di mana terdapat home theater di dalamnya.

Fungsi Absorbtion dan Insulation

adsense-fallback

Gipsum dengan kemampuan untuk meredam suara memiliki dua jenis fungsi, yaitu absorbtion dan insulation. Untuk fungsi absorbtion, dikenal dengan istilah gipsum akustik. Gipsum akustik memiliki lubang-lubang dan lapisan kertas tisu akustik yang mampu menyerap dan memantulkan suara. Untuk fungsi absobtion ini, kemampuan gipsum meredam mencapai 40 desibel.

Sementara untuk fungsi insulation, gipsum akustik harus ditambah dengan material pendukung kedap suara lainnya seperti rockwool dan glasswool. Untuk fungsi insulation ini, kemampuan gipsum meredam suara mencapai 60 desibel tergantung pada berapa buah gipsum yan digunakan.

Aplikasi Gipsum Dengan Fungsi Insulasi

Untuk membuat dinding dengan menggunakan gipsum standar untuk peredam, caranya mudah s aja. Pada tembok yang tersedia, tempelkan rangka hollow tipis. Lalu, setelah hollow menempel ke tembok, pasang gipsum dengan menggunakan sekrup. Kemudian, isi rongga gipsum dengan memasukkan insulator semacam rockwool atau glasswool ke dalam rongganya. Rockwool maupun galsswool adalah tambahan material yang dapat meningkatkan performa kekedapan suara. Dengan begitu, ruangan kedap suara pun telah hadir di rumah Anda. (Rivanie Novalia/Puspita Dewi/serialrumah)

Arikel (Pdf) Dowload : Redam Suara Bising Dengan Dinding Gipsum

adsense-fallback