Solusi Cerdas Saat Mencari Rumah Sewa

adsense-fallback

Menyewa rumah bisa menjadi solusi bagi Anda yang belum memiliki uang untuk membeli rumah ataupun karena faktor lokasi yang sangat jauh dari tempat kerja yang mengharuskan Anda untuk mencari rumah yang disewakan.

Perlu ketelitian ekstra saat akan menentukan rumah yang akan Anda sewa agar Anda tidak mengalami ketidakcocokan setelah beberapa bulan rumah tersebut Anda  tempati. Jadi, telitilah saat akan melakukan sewa rumah.

Jika Anda sudah berkomitmen untuk menyewa sebuah rumah, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan solusi saat akan mencari rumah sewa :

adsense-fallback

Gunakan  Sosial Media / Iklan Online

Di jaman yang serba digital adalah saat mudah untuk menemukan apa yang Anda inginkan tanpa harus keluar rumah, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan bergabung ke grup-grup khusus tentang properti di wilayah Anda atau bisa juga dengan mengunjungi situs properti. Buatlah daftar rumah yang Anda minati dimulai dari kondisi rumah, lokasi, dan harga. Setelah Anda menemukan rumah yang  sekiranya Anda inginkan Anda bisa survey ke lokasi rumah tersebut. Selain informasi dari sosial media/situs online Mencari referensi dari teman dekat  juga penting.

 

Jangan Lupa Catat Nomor Telpon dan Alamat

Hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan adalah untuk mencatat nomor telepon dan alamat sebelum Anda melakukan survey lokasi. Sangat disarankan untuk menghubungi pemilik atau pengelola rumah yang akan disewakan terlebih dahulu agar Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mengunjungi rumah sewa tersebut. Jika dalam percakapan telfon tersebut ternyata cukup meyakinkan, coba untuk mendatangi alamaat tersebut untuk melihat lebih jauh.

Periksa Kondisi Rumah Secara Teliti

Berhati-hati dalam langkah ini. Periksa secara cermat apakah terdapat bagian-bagian properti yang rusak. Seperti padakamar tidur, kamar mandi, dapur, saluran air, plafon, dan lainnya. Apabila menemukan hal yang rusak pada bagian rumah tersebut, Anda perlu meminta untuk diperbaiki kepada si pemilik atau hal ini juga bisa tergantung kesepakatan. Misalnya, Anda yang memperbaiki dengan konsekuensi adanya pemotongan harga sewa.

Cek Kondisi Keamanan Lingkungan

Salah satu hal yang Anda perlu perhatikan juga adalah tentang kondisi keamanan lingkungan rumah yang akan disewakan tersebut. Tentu Anda tak ingin baru beberapa hari menempati rumah sewa namun sudah kebanjiran atau kemalingan. Coba tanyakan pada masyarakat sekitar apakah daerah tersebut daerah rawan bencana atau pencurian, dan lainnya.

Periksa Fasilitas Umum di Lingkungan

Coba cek juga apakah rumah yang akan disewakan tersebut jauh dari berbagai fasilitas umu seperti rumah sakit, sekolah, jalan raya, hingga taman dan fasilitas olahraga. Ketersediaan fasilitas tersebut akan sangat penting dalam menentukan piilihan Anda untuk menyewa rumah.

Pertimbangkan Harga Sewa

Setelah Anda  cocok dengan rumah yang akan Anda sewa, kini saatnya Anda untuk memperhatikan harga rumah yang akan disewakan tersebut. Jangan sampai Anda mengalami kerepotan setiap jatuh pembayaran sewa. Yang paling ideal adalah biaya sewa rumah tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda. Jika menemukan tempat yang cocok namun harga mahal atau di luar kemampuan Anda, maka jangan tergoda untuk menyewa.

adsense-fallback