Tanya Jawab Seputar Masalah Cat Dinding

adsense-fallback

Tanya Jawab Seputar Masalah Cat Dinding

Rumah pantura-Adakalanya dinding yang dilapisi cat mengalami masalah dan rusak. Lantas apa yang harus kita lakukan bila hal ini terjadi?

Tanya           :    Mengapa jamur kecil-kecil berwarna cokelat sering muncul pada dinding?

adsense-fallback

Jawab           :    jamur timbul karena dinding masih lembab ketika dicat. Tak ada solusi bagi dinding yang berjamur kecuali mengecatnya ulang. Sebelum dicat ulang, dinding yang berjamur terlebih dahulu disemprotkan fungisida dan didiamkan selama 24 jam lalu disikat  dan dibersihkan dengan air agar bahan kimianya menghilang.

Tanya           :    Apa penyebab dinding mengapur( pada permukaan timbul bubuk putih) dan bagaimana mengatasinya?

Jawab           :    Penyebab utama dinding mengapur adalah penggunaan cat berkualitas rendah yang banyak mengandung “tepung”. Jika Anda ingin mengecat ulang dinding yang mengapur, bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding dengan lap basah untuk menghilangkan lapisan kapurnya, kemudian lapisi dengan sealer dan cat yang baru.

Tanya           :    Mengapa warna cat pudar terutama bila digunakan pada eksterior?

Jawab           :    Cat yang pudar bisa terjadi karena dua hal. Pertama, karena garam alkali yang muncul yang disebabkan oleh kondisi permukaan dinding yang belum benar-benar kering ketika di cat. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sealer sebelum cat. Kedua, cat pudar disebabkan oleh penggunaan cat yang tak kuat terhadap sinar UV. Hal ini biasa terjadi pada cat warna cerah seperti merah muda, hijau muda, dan biru muda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan cat berbahan an-organik yang lebih tahan sinar UV, pada dinding yang sering terkena sinar matahari. Biasanya cat jenis ini berwarna merah dan cokelat tua.

Tanya           :    Mengapa cat dinding sering mengelupas?

Jawab           :    Cat mengelupas karena tidak melekat dengan baik di permukaan dinding. Hal ini bisa terjadi karena dinding lembab, berminyak, atau masih ada debu yang menempel ketika proses pengecatan. Sebelum mengecat ulang, pastikan cat dinding sudah terkelupas seluruhnya. Anda dapat memakai bantuan paint remover, namun bersihkan dinding dengan air agar bahan kimianya benar-benar hilang. Jangan lupa untuk menggunakan cat dinding berkualitas baaikagar dapat menempel dengan sempurna. (Serial Rumah)

Judul Artikel : Tanya Jawab Seputar Masalah Cat Dinding

adsense-fallback