Tip Memilih Lokasi dan Bahan Material Dasar Rumah Yang Tepat dan Cermat

adsense-fallback

Tip Memilih Lokasi  dan Bahan Material Dasar Rumah Yang Tepat dan Cermat

Saat ini, membangun sebuah rumah impian yang indah dan koko strukturnya tidak lagi menjadi monopoli kontraktor. Anda-awam tanpa pendidikan teknik pun –dapat dengan mudah membangun rumah impian asalkan mengetahui tahapan –tahapan pembangunan yang diperlukan mulai dari memilih lokasi rumah yang tepat sampai memilih bahan- Bahan Material Dasar Secara Cermat. Berikut tip memilih lokasi rumah yang tepat dan Tip Pemilihan Bahan Material Dasar Secara Cermat seperti dikutip dari Buku Pintar Membangun Rumah- Yusep Arif Kamaludin :

Tip Memilih Lokasi  Rumah Yang Tepat

adsense-fallback
  1. Sebaiknya mendatangi Dinas Tata Kota untuk mengetahui daerah mana saja yang akan berkembang dalam jangka sepuluh tahun mendatang dan juga untuk mengetahui peruntukan wilayah perumahan
  2. Pertimbangkan akses dari jalan besar
  3. Pertimbangkan suasana lingkungan sekitar, apakah baik untuk kehidupan dan pertumbuhan anak-anak.
  4. Usahakan membangun rumah yang menghadap timur atau barat, sesuai dengan matahari terbit atau tenggelam agar rumah cukup mendapatkan sinar matahari.
  5. Lokasi memiliki saluran pembuangan air yang baik
  6. Pemilihan tanah yang tidak terlalu labil agar terhindar dari bahaya banjir dan tanah longsor.
  7. Lokasi tidak berada pada daerah yang lebih landai dibanding dengan rumah yang lainnya agar tidak tertimpa rumah yang berada diatasnya apabila terjadi bencana tanah longsor.
  8. Tidak berada di bawah aliran tegangan tinggi/SUTET (saluran Udara Tegangan Tinggi)

Tip Pemilihan Bahan Material Dasar Secara Cermat

Pasir

Pasir harus bersih dari kandungan lumpur karena berpengaruh pada konstruksi bangunan dan mengakibatkan pemborosan semen pada saat pengeecoran.

Besi Beton

Untuk mendapatkan kekuatan struktur yang baik, kita harus menggunakan besi dengan kualitas yang baik pula. Namun, apabila dana yang dimiliki tidak mencukupi dapat pula menggunakan besi dengan kualitas menengah.

Semen (Portland Cement)

Semua semen yang beredar di pasaran memiliki kesamaan baik harga maupun kualitasnya. Namun, sebaiknya menggunakan semen yang bermerek untuk mendapatkan plesteran yang kuat.

Bata Merah atau Batako

Sebaiknya menggunakan bata merah yang berukuran sedang, memiliki ciri keras, tidak mudah pecah, dan memiliki ukuran yang seragam. Fungsi bata merah dapat digantikan oleh batako apabila dana yang tersedia tidak mencukupi. Namun, dari segi kekuatan bata merah lebih kuat dari batako.

Judul Artikel : Tip Memilih Lokasi  dan Bahan Material Dasar Rumah Yang Tepat dan Cermat

adsense-fallback