Tip Mengambil KPR serta Memilih Bank KPR

adsense-fallback

Tip Mengambil KPR serta Memilih Bank KPR

 

Tip Mengambil KPR

adsense-fallback

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan Anda akan mengambil KPR, antara lain sebagai berikut.

  1. Tentukan masa cicilan KPR yang paling lama. Hal ini memberikan kita keuntungan untuk membayar jumlah cicilan yang lebih kecil sehingga porsi hutang dalam keuangan Anda dapat dialokasikan untuk hutang yang lain seperti untuk membayar cicilan kredit pemilikan mobil.
  1. Jangan memilih cicilan yang jumlahnya di atas 30% gaji Anda. Hal ini berakibat arus keuangan Anda terganggu.
  1. Ketika akan akad kredit jangan lupa untuk menyiapkan anggaran biaya administrasi. Besarnya biaya itu relatif, berkisar kurang lebih Rp 5 jt.
  1. Bila menginginkan cicilan kredit yang lebih ringan, Anda dapat memperbesar jumlah down payment/uang muka yang dibayarkan. Rata-rata bank mematok kita untuk membayar uang muka minimal 20% dari harga rumah. Bila menginginkan cicilan yang lebih murah Anda bisa membayar uang muka 40% – 50% dari harga rumah.

Tip Memilih Bank

Banyaknya bank yang menawarkan KPR, mungkin dapat membuat Anda bingung. Bank mana yang akan Anda pilih? Agar Anda tidak salah memilih, berikut pertimbangan ketika Anda memilih bank. Pilihlah bank yang memiliki kriteria di bawah ini.

  1. Bank yang “sehat” secara keuangan. Informasi kesehatan bank bisa Anda tanyakan ke Bank Indonesia melalui laporan keuangan.
  2. Memiliki jaringan kantor cabang dan ATM yang banyak sehingga memudahkan Anda untuk membayar cicilan dan menyelesaikan permasalahan bila ada masalah di kemudian hari.
  3. Memberikan solusi kecepatan proses aplikasi KPR.
  4. Menawarkan suku bunga yang rendah dan transparan bila ada kenaikan suku bunga.
  5. Memiliki kerjasama dengan pengembang yang akan kita pilih lokasinya.
  6. Tidak menerapkan biaya administrasi bila debiturnya akan melunasi seluruh nilai hutang pokok dan bunganya. Biasanya ada bank yang mengharuskan debitur membayar uang administrasi bila melunasi utuh atau sebagian cicilannya.
  7. Menawarkan biaya administrasi yang murah. Pada saat akad kredit, debitur harus membayar biaya administrasi yang besarnya tergantung dari kebijakan bank itu sendiri.
  8. Kemudahan persyaratan yang diberikan oleh bank.
  9. Memiliki produk KPR yang inovatif. Selain untuk membeli rumah produk KPR juga bisa untuk merenovasi rumah. Namun tidak semua bank memiliki fasilitas ini. Dengan demikian pilihlah bank yang produk KPRnya mempunyai fasilitas untuk merenovasi rumah.  (Tabloid Rumah)

Judul Artikel : Tip Mengambil KPR serta Memilih Bank KPR

adsense-fallback