Tips Agar Rumah Anda Bebas Tikus

Tips Agar  Rumah Anda Bebas Tikus

Pasti Anda akan merasa kesal jika menjumpai ada tikus yan tinggal di rumah Anda. Bukan hanya merusak dan mengacak-acak dapur, tikus juga dapat menyebarkan penyakit seperti tipes  pada anggota keluarga di rumah Anda.

Tikus merupakan mamalia pengerat yang dianggap hama, dan merusak hampir apa saja yang digigitnya. Mulai dari membuat gorong-gorong, sehingga tanah menjadi berlubang dan lama-kelamaan amblas, sampai merusak perkakas rumah tangga.

adsense-fallback
Perangkap tikus

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar rumah idaman Anda bebas dari hama tikus. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan pengendali secara biologis/alam dengan menggunakan kucing atau memanfaatkan suara jangkrik.  Ada juga pengendalian dengan menggunakan fisik seperti perangkap dan lem tikus dan pengendalian tikus dengan sanitasi lingkungan (penjagaan kebersihan) rumah.

Meskipun kucing tidak secara signifikan efektif mengusir tikus tetapi dengan adanya kucing di rumah kita, akan mengurangi populasi perkembangan dari tikus.

Tips Agar  Rumah Anda Bebas Tikus

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar rumah bebas tikus :

  1. Peliharalah jangkrik jantan karena jangkrik jantanlah yang dapat mengeluarkan bunyi layaknya ular. Bunyi dari jangkrik jantan inilah yang dapat menakuti tikus yang akan menganggap bunyi itu berasal dari ular yang akan memangsa mereka.
  2. Usahakan tidak ada sisa makanan di dalam rumah yang tercecer
  3. Simpan makanan dalam lemari makan, tidak di atas meja makan.
  4. Tutup sabun dan peralatan mandi Anda pada tempat yang tertutup
  5. Pangkas pohon yang menempel ke dinding dan atap rumah Anda. Kebanyakan tikus akan mencari berbagai cara agar dapat masuk kedalam rumah salah satunya yang sering melalui dahan yang menempel rumah.
  6. Ketika sore hari, buang seluruh sampah dapur Anda sehingga tidak ada sampah yang ada di dalam rumah ketika malam hari. Hal ini penting agar tikus tidak mengacak-acak sampah di rumah Anda dan tidak mendapatkan sumber makanannya
  7. Tutuplah semua lubang yang berpeluang sebagai tempat keluar masuknya tikus. Anda dapat menggunakan anyaman kawat yang berlubang kecil atau dapat juga dengan disemen
  8. Gunakan bahan penangkal untuk menghalau tikus. Anda dapat menaburkan Minyak peppermint dan Serpihan kayu cedar atau minyak cedar di bagian-bagian rumah yang retak dan tempat-tempat yang gelap yang cenderung dihuni tikus
  9. Gunakan karbit. Bahan baku pengelasan ini mempunyai bau yang khas yang tidak disukai oleh tikus, sehingga mereka tidak akan kembali lagi ke tempat yang telah dioles/ditaburi karbit.
  10. Jangan pernah membiarkan lemari terbuka karena dapat menjadi tempat berkembang/bersembunyi bagi tikus. Tips penempatan lemari, lemari sebaiknya tidak ditempatkan di pojok tetapi tempatkan di tengah bidang dinding sehingga memudahkan kita membersihkan dan membuang kotoran di dasar lemari.
  11. Lakukan fogging untuk membasmi tikus dan serangga lainnya
  12. Sebar racun tikus di tempat lalulintas tikus
  13. Gunakan perangkap tikus.

Tips pasang umpan dan perangkap

  • Tempatkan di tempat yang sering dilalui tikus. Cirinya lihat kotoran yang ditinggalkan serta remah-remah makanan tercecer.
  • Pastikan tempat sampah atau sisa makanan lainnya tertutup rapat, sehingga tikus akan langsung ke tempat jebakan.
  • Racun belum tentu langsung dimakan. Biarkan selama beberapa hari. Jika tikus memakannya, beri terus hingga tidak dimakan lagi. Dengan begitu rumah pun bebas tikus.
  • Tempatkan racun dalam wadah khusus, misalnya di dalam potongan pipa sehingga tidak dimakan hewan peliharaan.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda praktekan agar  rumah Anda terbebas dari masalah tikus.

Download Artikel (Pdf) :  Tips Agar  Rumah Anda Bebas Tikus

adsense-fallback