Tips Bikin Dapur Tetap Kinclong

adsense-fallback

Tips Bikin Dapur Tetap Kinclong

Rumah Pantura.com – Dapur cantik, bersih dan “kinclong” menjadi idaman setiap orang, terutama bagi para wanita. Karena di tempat ini makanan diolah. Maka, penting untuk selalu menjaga kebersihan dapur. Jangan sampai bakteri masuk ke makanan yang disajikan  yang dapat mengakibatkan penyakit.

Karena tidak dipungkiri, bagi setiap rumah tangga, aktivitas memasak sudah menjadi rutinitas, bahkan termasuk hobi untuk sebagian orang. Namun, kotoran akibat percikan minyak, bahan dan bumbu-bumbu masakan tentu tidak terelakkan. Itu bias membuat dapur kusam dan berkerak.

adsense-fallback

Untuk mencegah kekusaman dan tumbuhnya kuman penyakit, perlu dibersihkan setiap sisi dapur beserta perabotannya. Bebrikut beberapa bahan pembersih yang dapat digunakan untuk membuat dapur bersih.

Baking soda dan cuka

Jika tidak tersedia cairan pembersih , dapur dapat dibersihkan dengan memanfaatkan baking soda dan cuka putih. Kedua bahan tersebutadalah jenis pembersih yang baik untuk stainless steel. Bahan ini tidak menimbulkan bau. Meski kasar, baking soda tidak merusak permukaan perabot dapur. Bahan pembersih ini juga cocok untuk peralatan dapur yang mahal.

Baking  soda atau cuka dapat pula digunakan untuk membersihkan bagian dalam microwave. Campur baking soda dengan ir di dalam mangkuk kemudian masukkan ke dalam microwave yang dipanaskan. Biarkan cairan tersebut menguap dan membasahi dinding bagian dalam. Setelah 3 menit sampai 5 menit seka dengan spons basah lalu keringkan.

Cuka berfungsi untuk menyamarkan warna. Bahan ini cocok juga digunakan untuk membersihkan perabotan yang terkena warna pekat seperti kunyit, teh dan kopi.

Cairan pembersih

Untuk membuat meja dapur dan permukaan kompor mudah dibersihkan bisa menggunakan cairan pembersih. Cukup semprotkan cairan tersebut pada permukaan bernoda atau yang lengket karena minyak. Jika noda membandel biarkan untuk beberapa saat , lalu seka bagian tersebut dengan spons dan keringkan dengan kain.

Lemon

Buah lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Selain menghilangkan lemak, lemon juga dapat memberikan aroma menyegarkan pada perabot tersebut. Maka jika ada sisa perasan lemon, sebaiknya jangan langsung membuangnya. Campurkan bahan tersebut dalam sabun cuci untuk memberikan aroma menyegarkan.

Lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan sisi-sisi kompor berkarat. Sifat asam pada lemon mampu mengikis karat yang menempel. Gunakan air hangat untuk mempercepat proses pembersihan .

Belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh juga sangat efektif untuk membersihkan dapur sama seperti lemon, belimbing wuluh dapat menghilangkan bekas noda di keramik, atau bagian yang berkerak. Caranya , ambil 2-3 buah belimbing. Bagi 2 bagian kemudian dioleskan ke bagian yang terkena noda. Lalu setelah bersih, bilas dengan air hangat.

Amonia

Selain bahan tersebut, ammonia juga dapat digunakan untuk membersihkan dapur, khususnya lantai. Agar tidak licin, gosok lantai dengan air yang dicampur ammonia dan sabun cair.

Namun, molekul yang terbentuk dari ion nitrogen bermuatan negative dan tiga ion hydrogen bermuatan positif dengan rumus kimia NH3 ini jangan dicampur dengan pemutih, karena dapat menimbulkan asap beracun. Jauhkan larutan ini dari anak-anak sebab berpotensi menimbulkan iritasi dan mempengaruhi pernafasan.

Garam dapur

Bahan pembersih lain yaitu garam. Bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan noda hitam pada dinding. Cukup taburkan garam dan tambahkan sedikit cuka pada bagian yang kotor dan biarkan beberapa menit. Gosok bagian tersebut dengan sikat, lalu bilas hingga bersih.

Pemutih pakaian

Pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan noda di keramik seperti kekrak menguning dan sisa lumut yang susah dibersihkan. Caranya, siapkan wadah dengan pemutih secukupnya , kemudian kuaskan pemutih pada bagian yang terkena lumut atau kerak, tunggu sejenak kira-kira 10 menit, kemudian bersihkan dengan sikat.

Judul Artikel : Tips bikin dapur tetap kinclong

adsense-fallback