Tips Cari Rumah Idaman di Pameran Properti

Tips Cari Rumah Idaman di Pameran Properti

Pameran merupakan  salah satu cara yang untuk mempertemukan konsumen dengan distributor atau produsen secara langsung. Setiap pertanyaan hingga keluhan akan lebih cepat mendapatkan solusi ketika pameran berlangsung.

Bagi Anda yang tengah mencari rumah, mendatangi pameran properti  bisa dijadikan salah satu  referensi untuk mendapatkan hunian impian. Meskipun ada cara lain seperti menggunakan portal pencarian properti di internet atau menelusuri langsung ke lokasi rumah yang Anda diinginkan.

adsense-fallback

Pameran umumnya  diadakan  dalam kurun waktu tertentu oleh pihak-pihak terkait, misalnya pengembang, pemerintah, atau bank.

Anda bisa memanfaatkan ajang pameran properti  sebagai kesempatan emas. Bagi Anda yang sedang tidak membutuhkan rumah untuk hunian, pameran juga bisa dimanfaatkan Anda sebagai bidang investasi bagi Anda yang ingion berinvestasi disamping investasi emas dan saham karena harga rumah tiap tahun selalu mengalami kenaikan yang drastis.

Tips Cari Rumah Idaman di Pameran Properti

Berikut tips menemukan kriteria rumah yang cocok pada saat mendatangi pameran properti :

Teliti Reputasi Pengelola Properti/pengembang

Ketika  pameran properti berlangsung, pengelola properti atau pengembang yang ikut serta, jumlahnya biasanya lebih dari ratusan. Mulai dari pengembang kecil, hingga pengembang besar. Pengembang kecil, biasanya hanya memiliki perumahan di lokasi-lokasi yang spesifik. Sementara pengembang besar, ditandai dengan banyaknya proyek yang tersebar di daerah-daerah lain.

Semakin besar pengembangnya, semakin terjamin uang Anda, jika harus membeli secara inden. Pengembang yang namanya sudah besar, biasanya tidak perlu diragukan lagi meski rumahnya belum dibangun.

Ketika Anda mengetahui rekam jejak pengembang, ini juga akan memudahkan Anda dalam mencari stan saat pameran. Ketahui daftar peserta pameran dan Anda bisa langsung menuju stan pengembang tersebut tanpa harus berputar-putar.

Perhatikan anggaran dan tipe rumah

Sebelum mendatangi pameran, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu anggaran untuk membeli rumah. Di dalam pameran, kisaran harga bisa sangat bervariasi.

Dengan menentukan anggaran, Anda bisa fokus mencari tipe hunian yang sesuai. Karena, banyak pengembang menawarkan uang muka rendah, tetapi cicilannya besar.

Pilih Rumah inden atau rumah jadi

Ada beberapa pengembang perumahan yang memilih menunggu sejumlah konsumen untuk membeli terlebih dahulu, kemudian baru membangun rumah tersebut, atau biasa disebut inden. Ingat! Tidak semua rumah yang ditawarkan saat pameran, merupakan rumah yang sudah jadi.

Lokasi Perumahan

Sebaiknya Anda memikirkan lokasi perumahan sebelum mendatangi pameran. Alasannya lokasi yang ditawarkan pada pameran pun sangat beragam. Jika tidak menentukan dari awal, Anda akan kebingungan untuk memilih rumah yang diinginkan. Apakah rumah yang dekat dengan tempat kerja, dekat dengan sekolah atau daekat dengan rumah orang tua dan fasilitas umum lainnya.

Rumah inden, biasanya jauh lebih murah dibandingkan nantinya saat sudah jadi. Jika Anda memang berniat untuk menghuni atau memakai rumah tersebut dalam beberapa waktu mendatang, membeli secara inden merupakan pilihan tepat tanpa harus memaksakan diri membeli rumah yang sudah jadi.

Kelemahan  membeli rumah inden Anda belum melihat bagaimana bentuk rumah sebelum dibangun. Bahkan fotonya masih berupa gambar rekaan.

Datang bersama pasangan

Ajak –pasangan Anda ketika datang ke pameran. Membeli rumah yang akan digunakan keluarga membutuhkan masukan dari anggota keluarga lainnya. Disamping itu Anda akan memiliki teman diskusi terhadap bermacam-macam pilihan pada saat pameran.

Sekali lagi , jangan cepat menyerah jika Anda tidak mendapatkan rumah idaman ketika pertama kali mengunjungi pameran, datanglah ke pameran berikutnya yang mungkin akan ada rumah idaman yang Anda cari.

Selamat berburu rumah idaman.

Artikel : Tips Cari Rumah Idaman di Pameran Properti

adsense-fallback