Tips Melindungi Rumah dari Banjir

Tips Melindungi Rumah dari Banjir

Banjir menjadi salah satu momok bagi penghuni rumah yang berada di dekat sungai atau dataran yang tergolong rendah. Tak hanya membuat kotor rumah serta perabotnya, banjir juga menjadi  salah satu media penularan berbagi penyakit, khususnya diare, gangguan pencernaan, tiphus, dan lain sebagainya.

Melindungi rumah dari banjir tentu sangat dibutuhkan agar ancaman tersebut dapat dihindarkan. Segala upaya persiapan perlu dilakukan agar banjir yang datang sudah dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Berikut beberapa tips agar banjir dapat dihindari dan diantisipasi di rumah anda seperti dikutip dari situs perempuan.com/

adsense-fallback

Tips Melindungi Rumah dari Banjir : 

Matikan Jaringan Listrik dan Sediakan Pasokan Air Bersih

Ketika banjir menyerang lingkungan Anda, ada baiknya matikan jaringan listrik Anda untuk menghindari korsleting. Anda juga perlu menyediakan pasokan air bersih untuk konsumsi Anda. Mobilitas ketika banjir tentu sangat menyulitkan sehingga Anda lebih baik mengantisipasinya dengan menyediakan bahan-bahan yang penting  bagi Anda sesegera mungkin.

Buat Bendungan

Jika lingkungan rumah Anda dikenal langganan banjir belakangan ini, lakukan upaya antisipasi dengan membuat bendungan. Buatlah bendungan dari karung yang berisi pasir, kemudian letakkan di sekitar rumah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika debit air meningkat agar dapat menahan air masuk ke dalam rumah.

Sepatu Boot Karet

Gunakan boot karet ketika akan menerjang banjir. Penggunaan boot ini bertujuan untuk melindungi kaki dari benda tajam, kuman ataupun binatang yang mungkin terbawa arus banjir.

Semoga ulasan di atas (Tips Melindungi Rumah dari Banjir) mampu memberikan tambahan informasi untuk memilih hunian ataupun menjaga hunian dari banjir.

Kerja Bakti Membersihkan Parit

Salah satu yang menyebabkan bajir terjadi adalah menumpuknya sampah dan mampetnya parit yang seharusnya menjadi saluran pembuangan air. Anda dapat mengajak warga sekitar rumah Anda untuk bekerja bakti membersihkan parit dan selokan air.

Pindahkan Barang

Pindahkan barang –barang yang mudah rusak karena air ke tempat yang lebih tinggi. Rumah dengan dua tingkat memiliki kelebihan karena dapat menampung lebih banyak di tingkat dua.

adsense-fallback