Tips Memasang Talang Metal

adsense-fallback

Tips Memasang Talang Metal

Lima langkah memperlancar air bekas hujan menuju pipa tegak hingga ke sumur resapan.

adsense-fallback

Talang sangat penting dalam sistem drainase rumah. Fungsinya menampung air hujan, kemudian mengalirkannya ke sumur resapan atau riol kota/got.

Di pasaran, ada dua macam talang. Pertama, berbahan metal yang biasanya dilapisi aluminium sehingga tahan karat. Kedua, talang dari bahan PVC. Bahan ini relatif ringan namun tidak cukup kuat.

Yang berbahan metal itu memang kuat dan antikarat. Namun, bahan yang prima itu saja tidak cukup. Anda memerlukan cara pasang yang tepat sesuai kebutuhan.

Talang metal lebih tahan cuaca dibanding PVC. Agar tak berkarat pilih talang yang telah dilapis galvanis.

Berikut lima langkah pemasangan talang yang dapat membantu Anda.

Hitung kebutuhan

Ukur terlebih dahulu keliling atap rumah yang akan dipasang talang. Gunakan denah rumah yang tersedia , atau jika tidak lakukan perhitungan manual dengan meteran. Setelah dijumlahkan tambahkan ukuran keliling dengan nilai koefisien talang. Nilainya, macam-macam. Koefisien 1 m untuk keliling  10-15 m, 2 m untuk 15-25 m, dan 3 m untuk keliling 25-30 cm.

Gunakan Penggantung

Sambungkan penggantung talang dengan spacer (penghubung antara penggantung dan lisplank) dengan menggunakan dua buah sekrup. Setelah itu, pasang spacer dan penggantung pada lisplank atap dengan menggunakan sekrup pada sisi atas dan bawah. Untuk lisplank dengan sudut 60 derajat, bengkokan sudut spacer sesuai kemiringan.

Membuat Lubang

Tempatkan talang metal pada penggantung yang telah terpasang. Jangan lupa lubangi talang yang akan dihubungkan dengan corong/pipa. Kemudian atur kemiringan antara 1,5 – 3 cm setiap bentang 5 m. Untuk mengukur kemiringannya. Anda dapat menggunakan waterpass atau selang air.

Menggunakan sambungan antartalang

Agar sambungan lebih stabil, gunakan penghubung antartalang. Kaitkan penyambung pada sisi atas pertemuan talang. Setelah terpasang, tutup celah antar  talang dengan menggunakan sealant.

Menambahkan Aksesori

Jika semua talang telah terpasang, tutup ujungnya agar air tidak tumpah. Gunakan penutup talang berbentuk setengah lingkaran ujungnya dengan penutup talang. Kemudian sambungkan corong dan pipa tegak pada bagian talang yang telah dilubangi. Pasang corong tiap jarak 6m – 10 m. (tabloid Renovasi)

Judul Artikel : Tips Memasang Talang Metal

adsense-fallback