Tips Memasang Wallpaper Tembok Sendiri

adsense-fallback

Tips Memasang Wallpaper Tembok Sendiri

Wallpaper dinding banyak digunakan oleh orang untuk menampilkan kesan baru di dalam ruangan. Ketersediaan warna dan desain yang menarik memberikan banyak pilihan untuk melakukan kreasi pada dinding rumah. Ada berbagai macam corak warna dan motif wallpaper dinding mulai dari warna polos,  corak garis atau lengkung maupun wallpaper dinding dengan corak polkadot ataupun bunga. Bahkan sekarang ada wallpaper yang mampu memberikan kesan cahaya saat gelap atau istilahnya glow in the dark.

Harga wallpaper dinding memang lebih mahal bila dibandingkan dengan harga cat tembok. Namun, dengan ketersediaan corak-corak yang rumit pada wallpaper yang tidak bisa dilakukan dengan cat tembok maka harga yang ditawarkan sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan.

adsense-fallback

Baca juga : Cara merawat Wallpaper

Setelah Anda memutuskan untuk memakai wallpaper tembok untuk mempercantik tampilan ruang Anda, maka kini saatnya Anda memutuskan apakah akan menyewa jasa tukang untuk memasangkannya ataukah Anda akan mencobanya untuk memasang sendiri. Meskipun nantinya Anda meminta jasa tukang untuk memasang wallpaper dinding, tidak ada salahnya juga jika Anda pun mengetahui langkah-langkah memasang wallpaper agar mendapatkan hasil yang professional dalam pemasangannya:

  1. Persiapkan Peralatan. Persiapkan peralatan yang diperlukan, seperti alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, bak untuk adukan lem (2 buah), spons, kuas lem, roller,amplas, dan kape untuk meratakan dinding. Persiapan peralatan ini penting sekali untuk mencegah kita terhenti di tengah proses pemasangan wallpaper. Sebaiknya anda menggunakan check list untuk memastikan peralatan yang kita butuhkan sudah ada semua.
  2. Persiapan Lem. Kita memerlukan 2 buah adukan lem yang tidak sama jenis kekentalannya. Lem pertama, lem untuk bagian tengah wallpaper, lem ini tidak perlu terlalu kental sedang saja untuk adukkannya. Lem kedua untuk bagian sambungan, dalam hal ini kita memerlukan lem yang kental, karena untuk daerah sambungan dibutuhkan daya rekat yang tinggi
  3. Kita ukur dinding yang akan kita lapisi wallpaper. Kemudian kita sesuaikan dengan pukuran dari wallpaper itu sendiri, kita lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.
  4. Potong-potong wallpaper menjadi panel-panel, tapi perlu diingat harus sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pemasangan Kita bisa melihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan yang ada di setiap kemasan, biasanya keterangan ini menjelaskan cara menyerasikan/menggabungkan  motif antarpanel atau potongan wallpaper. Pada bagian ini anda perlu berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan waktu memotong.
  5. Menandai Posisi Wallpaper. Kita bisa menggunakan pensil untuk menandai posisi wallpaper. Untuk menjaga kelurusannya kita bisa menggunakan bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.
  6. Melapisi Wallpaper dengan lem. Setelah proses menandai bidang yang akan dipasang wallpaper, sekarang kita bisa melapisi dinding yang akan kita pasang dengan wallpaper, pada proses ini anda lakukana dengan berlahan-lahan dan kita pastikan bahwa lem kita sudah merata di dinding. Untuk perataan sebaiknya menngunakan roller. Perlu diingat pada pelapisan le mini tidak perlu lem yang terlalu kental,seperti yang dijelaskan diawal.
  7. Menempel Wallpaper ke dinding. Kegiatan menempel wallpaper harus dilakukan dengan hati-hati. Perhatikan marking yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil.Usahakan benar-benar lurus, karena jika melenceng maka motif dari wallpaper kita akan menjadi jelek.
  8. Menyambung Wallpaper. Untuk pengeleman kita menggunakan lem yang lebih kental dari bagian tengah. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.
  9. Meratakan Wallpaper pada dinding. Ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakanwallpaper.
  10. Setelah terpasang, Kita bisa cek kerapian dari wallpaper tersebut, terutama pada bagian sambungan. Wallpaper yang menempel tidak boleh ada gelembung udara yang menyebabkan wallpaper tidak terpasang sempurna.

Setelah anda perhatikan step by step langkah-langkah pemasangan wallpaper pada dinding, Anda mungkin mengambil kesimpulan bahwa memasang wallpaper pada dinding tidak sesulit yang Anda bayangnkan. Ketika kita sudah melakukan persiapan dengan sempurna dan focus mengerjakan maka perkerjaan tersebut terasa ringan. Semoga artikel ini menjadi solusi anda dalam memasang wallpaper dinding dirumah anda.

adsense-fallback