Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda dengan KPR

adsense-fallback

Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda dengan KPR

Membeli rumah bagi pasangan muda adalah hal yang tidak mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan  ketika memutuskan untuk membeli rumah terlebih bagi pasangan yang baru menikah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sepertli lokasi, budget , rencana ingin membeli rumah baru atau second serta perlunya nasihat dari ahli properti

Bagi pasangan muda yang memiliki pemikiran  untuk membeli rumah pada Awal-awal usia  pernikahan Saran terbaik adalah menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR) daripada memilih ngontrak atau ngekost terlebih dahulu.

adsense-fallback
Tips KPR bagi pasangan muda

Berikut tips bagaimana mendapatkan pembiayaan KPR dari bank bagi pasangan muda yang dikutip dari ciputraentrepreneurship.com:

  1. Analisa perencanaan keuangan pribadi dan pasangan Anda seperti jumlah pendapatan yang diterima dan jumlah pengeluaran setiap bulannya sebelum Anda melakukan permohonan kredit.
  2. Sesuaikan kemampuan Anda untuk membayar angsuran per bulannya, dan hindari keinginan untuk memperbesar jumlah kredit di luar batas kemampuan Anda mengangsur setiap bulan.
  3. Cek nilai utang Anda yang sedang berjalan, jika sebelumnya Anda memiliki utang dan telah dilunasi pastikan bahwa utang Anda telah selesai (form atau surat bukti pelunasan). Disarankan semua kewajiban Anda tidak bermasalah minimal 6 bulan sebelum pengajuan KPR ke bank.
  4. Mulailah menabung di salah satu bank dengan memasukkan pendapatan tetap Anda setiap bulannya sehingga mudah dianalisa pihak bank.
  5. Hentikan penambahan utang baru karena bank akan memberikan kredit apabila si calon debitur memiliki penghasilan tiga sampai empat kali lipat dari jumlah angsuran Anda per bulan.
  6. Persiapkan data-data Anda seperti KTP suami istri, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan persyaratan pendukung lainnya.

Tips dan Saran:

  1. Jangka waktu cicilan sebaiknya kurang dari 15 tahun. Lebih dari itu akan memberatkan kantong sang kreditor.
  2. Rumah second selalu lebih menguntungkan dibandingkan rumah baru.
  3. Lokasi adalah komponen yang signifikan,dengan budget yang terbatas. Lebih baik memilih rumah lebih kecil namun jelas keamanan dan sarana prasarananya,
  4. Mintalah saran dari agen property yang ahli dibidangnya dan pastikan pilihan Anda tepat.

Artikel : Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda dengan KPR

adsense-fallback